Site icon Kolom Desa

Unik! Desa Wisata Gunungsari Terapkan Sistem Belanja Uang Bambu

Desa Wisata Gunungsari Kabupaten Madiun Dikunjungi 7 Negara. Sumber : Desa Wisata Gunungsari/RRI/Reforma Nanda.

Desa Wisata Gunungsari Kabupaten Madiun Dikunjungi 7 Negara. Sumber : Desa Wisata Gunungsari/RRI/Reforma Nanda.

Kolomdesa.com, Madiun – Desa Wisata Gunungsari, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun semakin dikenal sebagai destinasi wisata berbasis kebudayaan dan kearifan lokal yang unik. Salah satu daya tarik utama desa ini adalah sistem belanja dengan uang bambu yang memiliki nominal sesuai dengan warnanya, menawarkan pengalaman yang tidak hanya menarik tetapi juga mendidik.

Desa Wisata Gunungsari telah mencatat kunjungan wisatwan dari berbagai belahan dunia termasuk Korea, Thailand, Filipina, Inggris, Belanda, Amerika Serikat, dan Arab Saudi.

“Kami sangat bangga bahwa Desa Wisata Gunungsari telah menjadi destinasi yang menarik minat wisatawan internasional. Ini menunjukkan bahwa budaya dan kearifan lokal kita memiliki daya tarik yang luar biasa,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Andik, Minggu (16/6/2024).

Desa Wisata Gunungsari menawarkan berbagai atraksi budaya yang unik. Seperti cara memakai udeng beserta filosofinya, cara memakai jarik, seni menghias janur, penulisan aksara Jawa pada daun lontar, dan pasar Pundensari yang menyajikan makanan tradisional dengan transaksi menggunakan uang bambu.

Kehadiran wisatawan internasional dari berbagai negara telah memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal sekaligus memperkuat posisi Gunungsari sebagai salah satu desa wisata unggulan di Indonesia.

“Dengan adanya kunjungan wisatawan dari luar negeri, kami berharap bisa terus mempromosikan kebudayaan dan tradisi lokal kami ke dunia internasional,” tambah Andik.

Desa Wisata Gunungsari terus berinovasi untuk meningkatkan daya tarik dan kualitas pelayanan, memastikan setiap pengunjung mendapatkan pengalaman terbaik dan menjadi destinasi wisata yang semakin dikenal di kancah internasional.

“Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memberikan pengalaman terbaik bagi setiap pengunjung,” tutup Andik.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib

Exit mobile version