Site icon Kolom Desa

Danau Tanjung Sarai Jadi Destinasi Unggulan Desa Kedang Murung

Objek wisata Danau Tanjung Sarai menjadi destinasi unggulan Desa Kedang Murung, Kecamatan Kota Bangun, Kukar.

Objek wisata Danau Tanjung Sarai menjadi destinasi unggulan Desa Kedang Murung, Kecamatan Kota Bangun, Kukar. Sumber : Tribunkaltim.CO/Mitha Aulia

Kolomdesa.com, Kutai Kartanegara – Objek wisata Danau Tanjung Sarai menjadi destinasi unggulan Desa Kedang Murung, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara. Wisata tersebut setiap tahunnya menjadi salah satu tujuan wisatawan dari berbagai daerah.

“Belakangan ini jumlah kunjungan meningkat, sehingga diperlukan penambahan fasilitas pendukung, khususnya perahu kembar,” kata Sekretaris Desa Kedang Murung, Zainul Effendi, Kamis (13/06/2024).

Zainul mengatakan objek wisata ini memiliki lahan seluas kurang lebih 3,6 hektare ini menawarkan keindahan alam. Sehingga pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan danau yang luas, ditambah dengan kesempatan untuk menjelajahi danau menggunakan perahu.

Saat ini, desa hanya memiliki tiga unit perahu. “Penambahan ini merupakan kebutuhan karena semakin banyaknya permintaan dari wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sambil berkeliling danau,” tambah Zainul

Zainul menjelaskan biaya masuk ke Wisata Danau Tanjung Sarai hanya dikenakan tarif untuk kendaraan. Kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu, sementara roda empat dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu.

“Biaya yang terjangkau ini tidak hanya menarik minat wisatawan dari Kutai Kartanegara, tetapi juga dari Samarinda hingga Balikpapan. Salah satu tujuan pengunjung adalah untuk berkeliling di pulau-pulau sekitar Tanjung Sarai,” jelasnya.

Zainul menambahkan pengunjung yang ingin menggunakan perahu dibatasi hanya untuk menampung 10 orang. Kapasitas tersebut ditetapkan untuk menjaga keamanan pengunjung agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

“Satu unit perahu dapat menampung 10 orang untuk menghindari kondisi-kondisi yang tidak diinginkan, seperti angin kencang di danau dan sebagainya,” pungkasnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Exit mobile version