Site icon Kolom Desa

Habiskan Rp6 Miliar, Proyek Jalan Desa Mekar Jaya Rusak Kembali

ilustrasi jalan rusak, sumber: Istock

ilustrasi jalan rusak, sumber: Istock

Kolomdesa.com, Muna Barat – Jalan desa yang baru di bangun di Desa Mekar Jaya, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara kini mulai rusak dan berlubang kembali. Proyek yang menalan anggaran hingga Rp6 miliar tersebut diduga dibangun tidak sesuai spesifikasi dan materialnya.

“Jalan itu belum cukup setahun, sudah berlobang dan tentunya dapat mencelakai masyarakat yang berlalu Lalang dijalan tersebut,” kata Ketua Ikatan Mahasiswa Aktivias Kampus (IMALAK) Muna Barat, Ali Sabarno, Senin (3/5/2024).

Ia menjelaskan, pembangunan jalan yang ada di Desa Mekar jaya tersebut diindikasi belum sampai satu tahun. Akan tetapi jalan tersebut kini sudah mulai rusak kembali dan banyak yang berlubang sehingga dapat membahayakan bagi pengguna jalan.

Menurutnya, Pembangunan jalan yang dilakukan oleh Dinas PUPR Muna Barat tersebut tidak sesuai dengan spesifikasinya. Oleh karena itu, dirinya melaporkan Kepala Dinas PUPR Muna Barat kepada Kejati Sultra terkait pembangunan jalan tersebut.

“Semua (Kepala Dinas PUPR, PPK, PPTK, dan Perusahaan pemenang tender) kami laporkan di Kejati Sultra, dan kami akan terus mengawal kasus ini sampai semua yang kami sebut menyandang status sebagai terperiksa hingga tersangka,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya akan melakukan aksi unjuk rasa dalam waktu 3×24 jam apabila pihak Kejati belum menanggil pihak-pihak yang sudah dilaporkan.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Exit mobile version