Site icon Kolom Desa

Petani Cabai Desa Serdang Jadi Penyangga Ekonomi Warga

Pemerintah melakukan penanaman cabai di desa serdang Sumber Foto: Metro7.co.id

Pemerintah melakukan penanaman cabai di desa serdang Sumber Foto: Metro7.co.id

kolomdesa.com, Asahan- Desa serdang, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, melakukan kegiatan menanam cabai yang di dampingi oleh pemerintah setempat.

Dengan demikian, para petani cabai dapat meningkatkan kemakmuran ekonomi warga setempat, dengan lahan yang telah ditanami cabai mulai saat ini.

“Pemerintah Kabupaten Asahan terus berkomitmen membangun sektor pertanian, mengingat Kabupaten Asahan memiliki luas daerah sebesar 3.733 Km persegi, yang terdiri dari 25 Kecamatan, 177 Desa dan 27 Kelurahan, memiliki potensi pertanian yang cukup besar,” ujar Surya selaku Bupati Asahan, Selasa (20/02/2024).

Ia menambahkan Kabupaten Asahan juga memiliki potensi perkebunan rakyat seluas 103.375,01 Ha, yang terdiri dari areal kelapa sawit, kakao, karet dan kelapa. Juga melakukan pengembangan areal holtikultura seperti bawang merah dan cabai merah.

Ditempat yang sama Pj. Gubernur berharap ketersedian cabai di Sumut bisa merata, produksinya cukup. Harga cabai ini sensitif, cepat naik dan turun. Apalagi menjelang masuknya bulan suci Ramadan.

“Semoga bantuan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, dan bermanfaat untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani. Tetaplah bekerja dengan semangat dan bisa menyiasati dinamika perkembangan yang ada,” sebutnya. Kata Hasanudin Pj Gubernur

Ia menjelaskan, potensi pertanian di Kabupaten Asahan cukup baik, sehingga perlu terus dikembangkan dan dikelola dengan baik. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut memberikan dukungan dan pendampingan, sehingga kedepannya semakin baik dalam menjaga ketahanan pangan untuk masyarakat Sumut.

Sebelum melakukan penanaman Pj Gubernur dan bupati menyerahkan bibit serta bantuan alat pertanian kepada kelompok tani berupa Combine Harvester, Hand Traktor, Hand Sprayer, benih padi sawah, jagung, bawang merah dan cabai merah kepada kelompok tani di Kabupaten Asahan.

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Exit mobile version