Site icon Kolom Desa

Festival Kampung Perkuat Warisan Budaya Masyarakat Lokal

kegiatan Festival Misi dan Tranformasi Kampung di Kampung Kayu Batu, Sumber Foto: Dok. Nokenlive

kegiatan Festival Misi dan Tranformasi Kampung di Kampung Kayu Batu, Sumber Foto: Dok. Nokenlive

Kolomdesa.com, Jayapura – Festival Misi dan Tranformasi Kampung telah berlangsung di Kampung Kayu Batu, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura pada 22-23 Mei 2024. Tujuan digelarnya festival tersebut agar memperkuat kultural masyarakat kampung dalam mempertahankan seni, budaya dan kearifan lokal warisan leluhur.

Informasi tersebut dikatakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi. Ia juga menjelaskan tujuan Festival Misi dan Tranformasi Kampung juga menjadi ajang dalam memberdayakan masyarakat kampung.

“Juga memberikan inspirasi ke arah perubahan yang lebih baik dalam mendukung pembangunan kampung yang berkelanjutan dan berdaya saing,” katanya.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Pekerja Klasis Gereja Kristen Injili (GKI) Port Numbay itu, menurut Awi sangat penting dalam menunjang pengembangan kampung di Kota Jayapura. Festival tersebut dapat memperkuat rasa kebersamaan, penyegaran rohani dan kampanye kesehatan.

“Ajang tersebut bukan hanya kegiatan seremoni saja, melainkan merupakan wujud nyata dari pemberdayaan dan pembaharuan masyarakat Kota Jayapura khususnya pada lima kampung di kawasan pesisir daerah itu,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Klasis Port Numbay Pdt Andris Tjoe mengatakan festival itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Ia mengatakan jika sudah saatnya masyarakat kampung peduli kesehatan, ekonomi, maupun pendidikan.

“Dengan demikian diharapkan setiap kampung memahami untuk bagaimana masuk dalam pembaharuan yang terjadi secara terbuka dan transparan,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Exit mobile version