Site icon Kolom Desa

Terminal Tipe C Desa Ambungan Belum Beroperasi

Terminal Tipe C di Ambungan Tanah Laut.

Terminal Tipe C di Ambungan Tanah Laut. Sumber foto: Banjarmasinpost

Kolomdesa.com, Tanah Laut – Terminal Tipe C di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) telah dibangun sejak 2023. Akan tetapi terminal angkutan kota dalam provinsi (AKDP) itu hingga kini belum dioperasionalkan oleh pemerintah daerah setempat.

“Bangunan terminalnya kan sudah sudah selesai dibangun. Tinggal kios tempat usaha bagi kami-kami yang terdampak, kapan direalisasikannya,” ucap ketua RT 3 Dusun 1, Ahmad Rizali, Selasa, (28/05/2024).

Rizali mengatakan kalangan warga yang terdampak pembangunan terminal itu mempertanyakan janji Pemkab Tanah Laut. Karena Pemkab Tanah Laut yang akan menyediakan kios tempat mereka membuka usaha di lingkungan terminal tersebut.

“Pihak Pemkab Tanah Laut saat pertemuan dengan warga terdampak dan pemerintah desa setempat, menyatakan pemerintah daerah akan turut membangun kios untuk menampung belasan warga yang terdampak pembangunan terminal itu,” ungkapnya.

Rizali menjelaskan bahwa di atas lahan terminal seluas 9,3 hektare terdapat belasan bangunan milik warga. Sebagian merupakan tempat usaha seperti warung dan bengkel, sebagian lagi berupa rumah sekaligus tempat usaha.

Dirinya berharap Pemkab Tala segera membangun kios untuk tempat usaha bagi belasan warga yang terdampak. “Lebih cepat lebih baik agar kami juga bisa bersiap diri menempatinya,” tegas Rizali.

Beberapa waktu lalu Kepala Dinas Perhubungan Tala Danoe Sulaiman mengatakan sarana prasarana penunjang di lingkungan terminal tersebut akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan ketersediaan anggaran. Keberadaan Terminal Tipe C itu menggantikan peran Terminal Tanah Habang.

“Pasalnya, terminal Tanah Habang berdiri di atas lahan pinjam pakai, aset Polres Tala,” ungkap Sulaiman.

Sulaiman menjelaskan bangunan Terminal Tipe C tersebut mulai dibangun September 2023 lalu. Ada empat item yang dibangun yaitu ruang tunggu penumpang, shelter bus untuk dua unit bus, kantor UPT Terminal, dan jalan keluar masuk ke lingkungan terminal setempat.

Sebagai informasi, Terminal tersebut oleh Bupati Tanah Laut (periode 2018-2023) H Sukamta dinamai Soemarsono PA saat peletakan batu pertama pembangunannya pada 18 September 2023 lalu. Soemarsono PA adalah nama Bupati Tanah Laut keempat (1978-1983), sekaligus menjadi kepala daerah pertama di Tanah Laut.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Exit mobile version