Site icon Kolom Desa

Gorong-gorong Ambruk, Akses Dua Desa di Pali Terancam Putus

Sebuah truk terperosok roda belakangnya saat gorong-gprpng di dumgai. sumber foto : TribunSumsel

Sebuah truk terperosok roda belakangnya saat gorong-gprpng di dumgai. sumber foto : TribunSumsel

Kolomdesa.com, Pali – Jalan yang menghubungkan antara Desa Sungai Langan Penukal – Desa Sungai Ibul Talang Ubi, Kabupaten Pali terancam terputus. Kejadian tersebut disebabkan dampak dari ambrolnya gorong-gorong (box culvert) yang berada di akses jalan utama.

“Tadi pagi sekitar pukul 06.00 Wib, kondisi jalan sudah terlihat seperti ini, ada mobil truk batubara yang terperosok. Lobangnya sangat dalam, dan di bawahnya ada aliran air,” kata Anton, salah satu warga Desa Sungai Langan, Kecamatan Penukal, Minggu (26/5/2024).

Diketahui, kedalaman ambrolnya gorong-gorong tersebut mencapai 5 meter. Saat kejadian itu, sebuah mobil truk pengangkut batubara terperosok pada bagian roda belakangnya.

Menurut keterangan Anton, akibat ambrolnya gorong-gorong tersebut lalu lintas kendaraan yang biasa melintas di jalur tersebut menjadi terhambat. Pasalnya, runtuhan tersebut memakan lebih dari setengah badan jalan.

Ia menambahkan, saat ini jalan tersebut untuk sementara tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4. Padahal setahunya gorong-gorong itu belum terlalu lama selesai dikerjakan.

“Kalau tidak salah awal tahun ini baru selesai dikerjakan. Namun siapa yang mengerjakan saya tidak tahu, tidak ada terlihat papan proyeknya,” ujarnya.

Anton menduga, ambrolnya gorong-gorong tersebut diduga karena kualitas pengerjaan yang tidak maksimal. Apalagi akses tersebut sering dilalui kendaraan bermuatan berat.

“Saya berharap pemerintah segera memperbaiki nya, karena jalan ini merupakan akses penting bagi warga,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Kabupaten Pali Jefran ST menyangkal pernyataan warga bahwa pembangunan itu baru saja selesai tahun ini. Menurutnya, box culvert yang ambrol itu adalah pekerjaan lama.

“Pekerjaan lama itu. Sekarang tim lagi turun ke lapangan, untuk ngecek dan melakukan tindakan,” jelasnya

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Exit mobile version