Site icon Kolom Desa

Diskusi Percepatan Penyerapan DAK dan Dana Desa

Pembukaan Focus Group Discussion kerjasama BPKPD Hulu Sungai Selatan (HSS) dan KPPN Barabai.

Pembukaan Focus Group Discussion kerjasama BPKPD Hulu Sungai Selatan (HSS) dan KPPN Barabai. Sumber foto - HO-Diskominfo HSS.

HSS – Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) membuka diskusi terkait upaya percepatan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa (DD) 2024. Diskusi ini digelar di aula “Sehati” oleh Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah(BPKPD) setempat.

“Diskusi kita penting membicarakan kendala apa yang dihadapi, dalam penyerapan DAK dan DD ini agar kita bisa mengatasi dan mencari solusi dengan cepat,” kata Kepala KPPN Barabai, Mochtar Salim, Selasa (21/05/2024)

Mochtar menjelaskan hal ini merupakan upaya merealisasikan apa yang diinginkan oleh pemerintah pusat tentang percepatan daya serap keuangan. Sehingga dilakukan Focus Group Discussion (FGD) yang bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Perbendaraan Negara(KKPN) Barabai.

Sementara itu, Sekda HSS M. Noor mengatakan KPPN Barabai begitu memperhatikan masalah penyerapan keuangan dan transfer daerah termasuk di HSS. Sehingga pihaknya dari KPPN Barabai juga dalam waktu dekat meminta kesediaan audiensi dengan kepala daerah, termasuk di Kabupaten HSS

“Kegiatan diskusi ini bagus sekali kita ikuti, sehingga bisa tahu bagaimana cara mempercepat dana transfer keuangan daerah, khususnya DAK dan DD, dan saya sendiri akan mengikuti sampai selesai,” terangnya.

Ia menambahkan, berkenaan dengan keinginan pihak KPPN Barabai beraudiensi dengan kepala daerah, pihaknya menyambut baik dan mengharapkan pihak BPPKD untuk mempersiapkannya.

Diketahui,para peserta dalam kegiatan ini merupakan para pengelola keuangan di masing-masing satuan kerja (satker) di lingkup Pemerintah Kabupaten HSS. 

Penulis : Devi arp
Editor : Habib az

Exit mobile version