Site icon Kolom Desa

Erupsi Gunung Ibu Paksa Evakuasi Penduduk Desa

Erupsi Gunung Ibu siang hari ini, Sumber Foto: Istimewa

Erupsi Gunung Ibu siang hari ini, Sumber Foto: Istimewa

HALBAR – Erupsi Gunung Ibu yang berada di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara memaksa penduduk desa dievakuasi. Informasi tersebut dikatakan oleh Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Ridwan Djalil.

Gunung yang berada di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara itu, kembali melambungkan awan abu vulkanik pada siang ini pukul 11.36 WIT. Kolom abu tebal condong setinggi lima kilometer ke arah barat daya dan barat.

“Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi sementara ini lebih kurang 2 menit 37 detik,” kata Ridwan, Senin (20/5/2024).

Pada Minggu malam, Gunung dengan ketinggian 1.340 MDPL itu, juga meletus secara spektakuler yang disertai petir. Namun saat tersebut abu vulkanik yang dikeluarkan setinggi empat kilometer.

Sebuah tim gabungan yang terdiri dari polisi, tentara dan petugas pencarian dan penyelamatan dikirim ke daerah tersebut untuk mengevakuasi penduduk desa-desa sekitar. Mereka adalah penduduk Desa Sangaji Nyeku, Desa Goin, Tukuwoko, dan Duono dievakuasi.

Tidak diketahui jumlah berapa banyak orang yang mengungsi, namun para pejabat merekomendasikan agar perimeter sepanjang tujuh km (4,35 mil) dievakuasi.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Exit mobile version