Site icon Kolom Desa

Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Desa Baramban

Foto bersama dalam rangkaian sosialisasi pencegahan penyakit tidak menular dan pemeriksaan kesehatan gratis PT Antang Gunung Meratus, di Desa Baramban.

Foto bersama dalam rangkaian sosialisasi pencegahan penyakit tidak menular dan pemeriksaan kesehatan gratis PT Antang Gunung Meratus, di Desa Baramban. Sumber foto : HO-Humas PT AGM.

TAPIN – PT Antang Gunung Meratus (AGM) mendukung upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM). Upaya tersebut dilakukan edukasi melalui sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat di Desa Baramban, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kegiatan kita kali ini diisi sosialisasi tentang PTM kepada masyarakat, dan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat, terutama kepada warga lansia di Desa Baramban,” kata CSR Section Head, Widharto Ali, Rabu (15/05/2024).

Widharto mengatakan kegiatan ini merupakan wujud komitmen kepedulian kepada masyarakat di sekitar operasional perusahaan. Sehingga melalui kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) pada pilar kesehatan.

“Giat ini diinisiasi dari kondisi adanya kebutuhan masyarakat mengenai PTM di Desa Baramban, terutama kepada kelompok masyarakat lanjut usia (lansia),” ungkapnya.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, prioritas penyakit yang dialami masyarakat yaitu kolesterol dan asam urat. Sehingga langkah awal yang dilakukan adalah edukasi.

“Giat diawali edukasi kepada masyarakat disampaikan langsung tim Paramedis (OHS) PT AGM tentang pencegahan PTM, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan serta penyerahan bantuan obat-obatan,” terangnya.

Menurut dia, sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis ini bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa Baramban, Puskesmas Kecamatan Piani dan tim Paramedis PT AGM. Kolaborasi dilakukan demi tercapainya sinergi lintas stakeholders dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Semoga dengan hadirnya PT AGM di tengah masyarakat, dapat memberikan dampak yang baik untuk kehidupan masyarakat kita yang lebih sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Baramban Arie Wijaya mengucapkan terima kasih kepada PT AGM. Ia juga mengapresiasi kegiatan yang positif kepada masyarakat mengenai kesehatan.

“Apa yang dilaksanakan hari ini tentu memberikan dampak yang luar biasa kepada masyarakat, terutama para lansia untuk mendapatkan jaminan kehidupan yang sehat, semoga kolaborasi ini dapat terus terjalin dengan PT AGM,” tandasnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Exit mobile version