Gempa Robohkan Bangunan Dapur Milik Warga di Desa Selat

Ilustrasi gempa Sumber Foto: iStock
Ilustrasi gempa Sumber Foto: iStock

KLUNGKUNG – Gempa bumi dengan kekuatan 5,5 SR yang berpusat di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga terasa sampai ke wilayah Bali, Selasa (14/5/2024). Bahkan bangunan dapur milik warga di Desa Selat, Kabupaten Klungkung roboh akibat gempa bumi yang terjadi pukul 16.11 Wita tersebut.

“Bangunan dapur milik warga kami roboh akibat gempa sore tadi,” ujar Perbekel Desa Selat, Gusti Lanang Ngurah Adnyana, Selasa (14/5/2024).

Bangunan dapur yang roboh tersebut milik I Gusti Lanang Karang, asal Banjar Jro Selat. Selain berfungsi sebagai dapur, bangunan itu juga sebagai tempat tidur.

“Biasanya anak lingsir (orang tua) tidur juga di bangunan ini, saat gempa beruntung tidak ada orang di dalam,” ungkapnya.

Kamar sekaligus dapur yang jebol itu ditempati Jero Sandat yang sudah lansia. Tak berselang lama bangunan kamar sekaligus dapur yang ditempati Jero Sandat tiba-tiba jebol.

“Begitu ada gempa para penghuni rumah langsung keluar kamar untuk lari ke halaman untuk menyelamatkan diri,” ujar Gusti Ngurah Adnyana.

Akibat kejadian ini atap bangunan berbahan bambu tersebut hancur, serta kerugian ditaksir mencapai Rp 30 juta.

“Tembok bangunan roboh, genteng berjatuhan,” ungkapnya.

Beruntung dalam musibah itu tidak sampai ada warga luka-luka. Namun warga mengalami kerugian material karena beberapa bagian tembok roboh rata dengan tanah.

“Tidak ada korban dalam musibah ini, karena di dalam kamar sudah sepi. Sekarang Jero Sandat pindah kamar anaknya untuk sementara,” jelas Gusti Ngurah Adnyana.

Diketahui, keluarga tersebut merupakan keluarga kurang mampu dan sebelumnya sudah menerima bantuan bedah rumah. Untuk perbaikan bangunan yang jebol akibat gempa ini nantinya akan diajukan proposal.

Penulis : Fais

Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *