Site icon Kolom Desa

Bunga Desa, Inovasi Pelayanan Efektif bagi Masyarakat

keterangan foto: Foto Bupati Bone Bolango, sumber foto: Sumber Resmi Bone Bolango

keterangan foto: Foto Bupati Bone Bolango, sumber foto: Sumber Resmi Bone Bolango

BONE BOLANGOBupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Merlan Uloli menghadirkan inovasi baru dalam memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat yang ada di daerahnya. Inovasi tersebut adalah Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa).

“Inovasi ini akan digelar di seluruh kecamatan dan dimulai dari Desa Bilungala, Kecamatan Bone Pantai,” kata Bupati Bone Bolangu, Merlan Uloli, Sabtu (11/5/2024).

Pada inovasi Bunga Desa tersebut, bupati ngantor di desa dan membuka banyak pelayanan, seperti pelayanan kesehatan, administrasi kependudukan, perpustakaan keliling, hingga pelayanan masyarakat miskin dan konsultasi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Tak hanya itu saja, pada kegiatan itu Bupati juga melakukan penanaman bibit pohon serta meninjau beberapa program pembangunan yang dibangun oleh pemda di daera itu, seperti peninjauan pembangunan program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

“Alhamdulillah, kegiatan Bunga Desa berjalan dengan sukses dan lancar, ini program yang luar biasa, program ini akan menjadi prioritas dengan menyasar desa yang jauh dari kota,” katanya.

Untuk pelayanan kesehatan di Desa Bilungala, tercatat 312 pasien menggunakan pelayanan pengobatan gratis Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango. Kemudian, pelayanan pencetakan telah mencetak 60 KTP elektronik, pembuatan lima akta kematian, tujuh akta kelahiran, dan 30 kartu keluarga.

Sementara itu, Dinas Kominfo juga ambil bagian, dengan memberikan penguatan terhadap program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Exit mobile version