Site icon Kolom Desa

Lari Lintas Alam, Upaya Promosi Wisata Danau Toba

Event Lari Lintas Alam diharap sebagai daya tarik wisatawan ke Danau Toba. Sumber foto: kemenparekraf.go.id

Event Lari Lintas Alam diharap sebagai daya tarik wisatawan ke Danau Toba. Sumber foto: kemenparekraf.go.id

MEDAN Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara menyatakan siap mendukung penuh keberlangsungan kompetisi lari lintas alam “Trail of The Kings” di kawasan Danau Toba pada Mei 2024. Kegiatan ini diyakini sebagai ajang promosi dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada wisata Danau Toba.

 

“Event tersebut sangat penting terutama sebagai media promosi pariwisata Danau Toba,” kata Kepala Disbudparekraf Sumut Zumri Sulthony di Medan, Senin (18/3/2024).

 

Lanjut ia, Disbudparekraf Sumut mengupayakan beberapa hal demi kelancaran kompetisi tersebut mualui dari promosi hingga membantu UMKM. Selain itu, upaya yang dilakukan pihaknya sudah pernah diterapkan pada kompetisi internasioanal lain di Danau Toba termasuk Kejuaaran Dunia F1 Powerboat (F1H20).

 

Zumri Mengaskan, “Trail of The Kings” (Zero Edition) yang dilaksanakan di Waterfront Pangurungan, Kabupaten Samosir, pada 4-5 Mei 2024 merupakan edisi awal untuk kompetisi resmi yang akan dilaksanakan pada Oktober atau November.

 

Jika “zero edition” berlangsung sesuai rencana, Zumri mengatakan kompetisi ini akan menjadi event lari lintas laam regular yang amsuk dalam kalender UTMB (Ultra Trail du Mont Blanc) dan berstatus sebagai seri lari lintas tingkat dunia pertama di Indonesia.

 

“Event ini harus di support agar tambah meyakinkan pihak UTMB bahwa kompetisi ini layak diselenggarakan di Danau Toba,” ucap Zumri.

 

Pada 15 Maret 2024, Kemenparekraf/Baparekraf mengajak wisatawan turut berpastisapasi dan meramaikan event Trail of The Kings di Danau Toba, Sumatera Utara, 4-5 Mei 2024.

 

“Kami mengajak para pelari trail dari seluruh Indonesia dan dunia untuk mencoba jalur yang luar biasa indah dan megah dalam kompetisi “Trail of The Kings,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

 

Sementara Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan menyampaikan bahwa kegiatan itu ditargetkan dapat mendatangkan 1.500 peserta dan mampu mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas Indonesia.
Trail of The Kings (Zero Edition) yang bertajuk Live Your Legend terbagi atas empat kategori yaitu 5 kilometer, 10 kilometer, 27 kilometer dan 50 kilometer.

 

Pendaftaran sudah dibuka sejak 13 Maret 2024 di laman run.trailofthekings.id dan akan ditutup jika kuota peserta sudah terpenuhi.

 

 

Penulis: Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Exit mobile version