Site icon Kolom Desa

Festival Cap Go Meh Siap Guncangkan Kota Nabire

Ilustrasi Festival Cap Go Meh, Sumber Foto: Festival Cap Go Meh Siap Guncangkan Kota Nabire

Ilustrasi Festival Cap Go Meh, Sumber Foto: Festival Cap Go Meh Siap Guncangkan Kota Nabire

NABIRE – Festival Cap Go Meh pertama kalinya akan digelar di Kota Nabire, Provinsi Papua Tengah. Agenda itu diyakini bakal menyedot perhatian publik dan mendongkrak perputaran ekonomi warga setempat.

 

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan bebarengana dengan hari ulang tahun ke satu, paguyuban sosial Tionghoa Indonesia (PSMTI) Nabire.

 

“Untuk itu, festival Cap Go Meh ini akan dilaksanakan pada 14 April 2024.” Kata Ketua Panitia Festival Cap Go Meh 2024, Alex Manibuy di Nabire, Senin (18/3/2024).

 

Di Nabire sendiri festival ini perdana kalinya akan dilaksanakan. Ditanya soal persiapan, menurut Alex tinggal beberapa bagian saja yang akan disiapkan dan diselesaikan dalam waktu dekat.

 

Alex mengatakan, hajatan ini merupakan kegiatan rutin di kota-kota besar di Indonesia kecuali Nabire. Kalau untuk wilayah barat, festival ini dilaksanakan 15 hari setelah perayaan Imlek, atau tepatnya, pada 24 Februari kemarin.

 

Kemudian, untuk waktu pelaksanaannya mulai dari siang pukul 11.00 hingga malam pukul 22.00 WIT. Dalam kegiatan tersebut, akan ada sejumlah pameran yang ditampilkan.

 

“Disitu akan ada, festival Lampion, Kuliner Nusantara, Barongsai, Tarian Oriental dan Nusantara, Pohon Angpao, dan Dron Prize,” jelasnya.

 

Pagelran Cap Go Meh nantinya akan dipusatkan di Aula KSK Bukit Meriam Nabire. Alex menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan dibuka untuk umum.

 

“Supaya begitu, kita semua dapat mengetahui bersama-sama tentang budaya Tionghoa yang masih ada dan terus dipertahankan hingga kapanpun,” ajaknya.

 

Tak hanya itu, kegiatan tersebut akan dihibur juga oleh artis ternama di Indonesia, yaitu Hudson Prananjaya. Ia meminta seluruh masyarakat dapat hadir untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

 

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Exit mobile version