Site icon Kolom Desa

Jalan Menuju Lahan Pertanian Tingkatkan Produktivitas Petani

Toba Pulp Lestari (TPL)lewat program Community Development (CD) memberikan dukungan pengaspalan jalan pertanian sepanjang 140 meter lebar 3 meter di Dusun Pangadangan, Desa Horisan Ranggitgit, Kecamatan Parmonangan, Kebupaten Tapanuli Utara. Sumber foto: intelpostnews.com

Toba Pulp Lestari (TPL)lewat program Community Development (CD) memberikan dukungan pengaspalan jalan pertanian sepanjang 140 meter lebar 3 meter di Dusun Pangadangan, Desa Horisan Ranggitgit, Kecamatan Parmonangan, Kebupaten Tapanuli Utara. Sumber foto: intelpostnews.com

TAPANULI UTARA – Jalan menuju lahan pertanian dapat mempermudah akses para petani dalam memperluas jalur distribusi hasil pertanian, serta meningkatkan produktivitas para petani.

 

Hal ini dilakukan Toba Pulp Lestari dalam memberi bantuan pengaspalan jalan pertanian sepanjang 420 meter dengan lebar tiga meter melalui program community development” di Dusun Pangadangan, Desa Horisan Ranggitgit, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara.

 

“Jalan pertanian berperan untuk mengatasi biaya transportasi yang tinggi. Semoga dengan adanya dukungan dari TPL untuk pembangunan jalan pertanian di Desa Horisan Ranggitgit diperuntukkan untuk mendukung program pembangunan infrasruktur pertanian guna mewujudkan peningkatan produksi dan produktivitas pertanian,” ujar Maria Pasaribu, Community Development Officer TPL, Kamis (14/3/2024).

 

Maria menjelaskan, jauh sebelum itu, jalanan sangat memprihatikan, dan menghambat aktifitas ekonomi warga desa. Warga pun meminta agar proyek tersebut segera dituntaskan, demi mempermudah seluruh aktivitas warga setempat.

 

Sementara dalam teknis pengerjaanya, akan langsung dilimpahkan kepada masayarakat di Desa Horison Ranggitigit.

 

“Sebelumnya, jalan pertanian ini sangat tidak layak digunakan terlebih di saat musim penghujan, di mana permukaan tanah merah menjadi sangat licin dan sulit untuk dilalui,” jelasnya.

 

Apresiasi disampaikan Kepala Desa Horison Ranggitgit, Saor Pardomuan Manalu didampingi oleh Taho Nainggolan atas pemberian program TPL untuk perbaikan jalan pertanian.

 

“Saat ini, jalan sudah sangat mudah dilalui oleh adanya dukungan dari TPL yang memperbaiki jalan pertanian kami. Semoga dukungan dari TPL lewat program CSRnya tetap berkesinambungan ke depan bagi Desa Sidagal ini,” ujarnya.

 

Tambah Saor Pardomuan Manalu, bantuan yang diberikan oleh pihak swasta dengan program Communtiy Development sangat membantu pembangunan di desa sehingga masyarakat merasakan dampak positif dengan keberadaan perusahaan tersebut.

 

“Akses jalan yang lancar dan aman dapat meningkatkan taraf kehidupan dan perekonomian bagi masyarakat di Desa Horisan Ranggitgit. Jalan ini harus dijaga dan dirawat bersama demi kepentingan bersama,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Exit mobile version