Site icon Kolom Desa

Toki Peleku, Tradisi Tahunan Pemuda Desa Pangi saat Sahur

foto warga saat melakukan toki peleku, sumber foto: Istimewa

foto warga saat melakukan toki peleku, sumber foto: Istimewa

BOALEMO – Sebanyak 100 lebih pemuda Desa Pangi, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo melakukan tradisi toki peleku sahur atau ketuk-ketuk bambu. Tradisi tahunan itu dimulai dari ketuk-ketuk bambu saat sahur. Hal itu dilakukan dari lapangan Desa Tilamuta menuju Desa Pangi pada pukul 02.30 WITA.

 

“Kami senang melakukan tradisi toki peleku sahur yang setiap tahun kita laksanakan” kata salah satu anggota yang turut serta dalam kegiatan tersebut, Ikan Hodio, Selasa, (12/3/2024).

 

Dalam melakukan ketuk bambu sahur, para remaja ada yang berjalan kaki dan naik sepeda motor. Ada pula yang menaiki truk sambil menyetel music Islami.

 

Dalam perjalanannya tersebut, para pelaku ketuk bambu sahur melewati Desa limbato, Desa Hungayonaa, dan Desa Mohungo. Kemudian dilanjutkan menuju Desa Lahumbo dan berakhir di Desa Pangi.

 

Iksan berharap, tradisi ini bisa terus dijaga dan bermanfaat bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang akan menjalankan ibadah puasa.

 

“Kami juga berterima kasih kepada warga yang sudah berpartisipasi dalam pagelaran ini,” tuturnya.

 

Di sisi lain, Abi Taha, warga Desa Mohungo mengaku sangat senang ada tradisi toko peleku atau ketuk-ketuk bambu di daerahnya. Menurutnya, hal tersebut sangat membantu masyarakat untuk bangun sahur.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Exit mobile version