Site icon Kolom Desa

Kontes Kapal Layar Bakal Warnai STC Biak 2024

Kapal Layar pariwisata, Sumber Foto: Istock

Kapal Layar pariwisata, Sumber Foto: Istock

BIAK NUMFOR – Kontes kapal layar wisata Internasional atau Yacth akan diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Agenda tersebut rencanannya menjadi salah satu rangkaian dalam ivent Sail Teluk Cenderawasih (STC) Biak pada November 2024.

 

“Dispar Biak Numfor telah mendapat dukungan dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) serta Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),” ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun di Biak,Senin, (11/3/2024).

 

Onny mengatakan, saat ini Kabupaten Biak Numfor dirancang sebagai program pariwisata berlabel Internasional. Sehingga, ivent yang akan berlangsung di perairan Biak itu, diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara.

 

Sebagai daya tariknya, para pengunjung juga akan disuguhkan atraksi budaya. Onny menambahkan, seperti tari tradisional Wor,Yospan, atraksi berjalan di atas batu panas (apen beyeren) serta pentas musik hiburan.

 

“Apalagi Biak Numfor punya potensi kemaritiman untuk wisata alam, sisa sejarah perang dunia II dan beragam seni budaya asli suku Biak yang sangat menarik untuk dipertontonkan kepada wisatawan,” imbuh Onny.

 

Demi keberlangsungan acara kontes tersebut, Pemkab Biak Numfor telah menyiapkan pelabuhan khusus yacht. Onny menerangkan, lokasnya terletak di kawasan perairan Nirmala Beach Samau dan telah diresmikan oleh Bupati Herry Ario Naap pada 2023 lalu.

 

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Exit mobile version