Site icon Kolom Desa

Sungai Meluap, Desa Salama Terendam Banjir

Sejumlah petugas saat melakukan evakuasi akibat banjir yang disebabkan hujan lebat dan sungai meluap. Sumber foto: Istimewa.

Sejumlah petugas saat melakukan evakuasi akibat banjir yang disebabkan hujan lebat dan sungai meluap. Sumber foto: Istimewa.

MANGGARAI – Desa Salama, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), terendam banjir, Minggu (10/3/2024) sore. Banjir terjadi karena Sungai Wae Pesi meluap akibat hujan lebat.

 

“Ada rumah dan kios yang terendam banjir. Arus lalu lintas yang menghubungkan Reo (ibu kota Kecamatan Reok) dengan Ruteng (ibu kota Kabupaten Manggarai) lumpuh total,” kata Kepala Desa Salama, Taufan, Minggu (10/3/2024) malam.

 

Taufan menyebut satu kios dan satu rumah terendam banjir di Kampung Batok. Rumah yang terendam banjir hingga setengah ketinggian rumah itu tidak ada penghuninya, sementara sejumlah rumah lain yang fondasinya lebih tinggi tidak kemasukan air.

 

“Hanya dua rumah terendam banjir (satu kios dan satu rumah),” terangnya.

 

Ia menambahkan, adapun arus lalu lintas Reo-Ruteng sempat lumpuh total selama dua jam. Badan jalan terendam banjir dengan arus cukup deras.

 

“Dua jam tadi sempat tidak ada akses karena arus air di jalan raya,” ujar Taufan.

 

Taufan menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir tersebut. Saat ini banjir sudah surut dan rumah warga sudah tidak tergenang air.

 

“Arus lalu lintas sudah kembali normal,” tutupnya.

 

Penulis: Fais
Editor: Habib

Exit mobile version