Padat Pengunjung, Kampung Kiat Tawarkan Wisata Ikan Duyung

Wisatawan Bersama Dugong Mayangsari, Sumber Foto: Istimewa
Wisatawan Bersama Dugong Mayangsari, Sumber Foto: Istimewa

FAKFAK – Wisata di Kampung Kiat, Distrik Fakfak Barat, Kabupaten Fakfak, Papua Barat menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu berlibur. Memiliki nama wisata Ikan Duyung atau Dugong, objek tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan saat liburan.

 

Dugong atau ikan duyung tersebut diceritakan memiliki nama yakni Mayangsari. Dari itu, nama tersebut menjadi keunikan dan daya Tarik yang dimiliki wisata tersebut.

 

“Sudah ramai dari tadi pagi, ada yang datang dari luar daerah juga untuk melihat Ikan Duyung Mayangsari,” kata pengelola objek wisata Ikan Duyung Mayangsari, Idris Baraweri, Minggu (7/1/2024).

 

Selain daya tarik keindahan alamnya, pengunjung juga dapat melihat secara dekat Ikan Duyung Mayangsari. Apalagi tarif masuk ke wisata tersebut cukup merogoh kocek sekadarnya.

 

“Tetapi kalau pengunjung dari luar daerah apalagi pejabat maka harganya Rp 1 juta tetapi itu murah karena mereka biasanya bawa rombongan,” jelasnya.

 

Sementara itu, untuk melihat Ikan Duyung Mayangsari menangis alias meneteskan air mata maka para pengunjung harus merogoh kocek Rp 2 juta.

 

“Saya biasanya punya cara tersendiri untuk memanggil Mayangsari dari tempat tinggalnya menuju permukaan, cukup memukulkan permukaan air saja,” ungkapnya.

 

Saat memukul permukaan air, seketika itu Ikan Mayangsari akan muncul di permukaan dari lokasi penangkarannya. Dari keunikan yang ditawarkan, Idris mengajak para wisatawan jika mengunjungi Fakfak jangan lupa melihat Ikan Duyung Mayangsari.

 

Salah satu wisatawan asal Manado Sulawesi Utara, Merian Woran mengaku sangat senang bisa melihat Ikan Duyung Mayangsari di Kampung Kiat. Namun ia menyayangkan tempat parkiran yang kurang tertata.

 

“Sehingga untuk akses keluar masuk tidak terlalu menumpuk, apalagi musim liburan seperti saat ini,” tandasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *