Site icon Kolom Desa

Pengungsi Rohingya: Bantu Kami, Bangladesh Tak Aman

Pengungsi Rohingya: Bantu Kami, Bangladesh Tak Aman. Sumber: Istimewa

Pengungsi Rohingya: Bantu Kami, Bangladesh Tak Aman. Sumber: Istimewa

Deli Serdang – Sebanyak 157 orang pengungsi Rohingya yang mendarat di Desa Karang Gading, Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (30/12/2023). Para pengungsi itu masih ditempatkan di Desa Karang Gading pada sebuah tenda darurat sampai Selasa (2/1/2024) petang.

 

 

Masih belum diketahui mengapa mereka ‘terdampar’ di wilayah itu, namun salah seorang pengungsi mengaku mereka meninggalkan kamp pengungsian di Bangladesh karena merasa “tidak aman”.

 

 

Data yang dihimpun Badan PBB untuk pengungsi (UNHCR) mengungkapkan, ada 157 pengungsi Rohingya di sana. Mereka terdiri 49 pria, 32 perempuan dan 76 anak-anak.

 

 

Jumlah itu berbeda dari data sebelumnya yang menyebutkan ada 147 orang, karena ada sebagian pengungsi yang berbaur dengan warga ketika kapal baru mendarat.

 

 

National Program Koordinator UNHCR, Oktina Hafranti menyatakan untuk pembiayaan akomodasi dan logistik terkait penanganan pengungsi Rohingya akan ditanggung oleh pihak UNHCR.

 

 

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang, Timur Tumanggor, menyatakan sejauh ini pihaknya belum dapat menemukan tempat penampungan sementara bagi pengungsi Rohingya.

 

 

Penulis: Kurnia
Editor: Danu

Exit mobile version