Desa Kaduela Raih Juara 2 Lomba Desa Wisata Nusantara

Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan berhasil meraih juara 2 Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) tahun 2023. Sumber: Pemkab Kuningan.
Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan berhasil meraih juara 2 Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) tahun 2023. Sumber: Pemkab Kuningan.

KUNINGAN –  Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan berhasil meraih juara 2 Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) tahun 2023 yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI. Kemampuan memaksimalkan potensi wisata dan objek wisata yang ada di desa ini berhasil dikemas menjadi sangat menarik.

 

“Kami (Desa Kaduela) berhasil menjadi juara kedua di ajang tersebut dan ini memotivasi kami agar menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata Ketua BUM Desa Arya Kamuning, Desa Kaduela, Iim Ibrahim, Minggu (26/11/2023).

 

Ibrahim mengatakan optimalisasi desa wisata juga didukung dengan pengembangan BUM Desa Arya Kamuning. Sehingga bisa menghasilkan pendapatan dan membuka lapangan kerja.

 

“BUM Desa ini telah menyumbang pendapatan asli desa hingga 500 juta di tahun 2022,” ujarnya.

 

Ia menyebut prestasi tingkat nasional itu berhasil diraih berkat pengelolaan objek wisata di Desa Kaduela yang berjalan baik dan dikembangkan secara mandiri. Sehingga mampu mendatangkan wisatawan sebanyak 11 ribu turis setiap bulan.

 

“Konsep pengembangan desa wisata di Kaduela dikelola secara mandiri dan melibatkan pemberdayaan masyarakat setempat sebagai kunci keberhasilan,” kata Ibrahim.

 

Menurutnya, di Desa Kaduela terdapat dua destinasi favorit yang menjadi andalan untuk menggaet wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara. Dua destinasi itu, yakni Telaga Biru Cicerem dengan kondisi air danau yang jernih dan Kolam Renang Side Land.

 

“Desa Kaduela terkenal dengan objek wisata Telaga Biru Cicerem, yang menarik lebih dari 11 ribu pengunjung setiap bulan pada 2023. Kami juga mengembangkan destinasi lain yakni Kolam Renang Side Land,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *