Site icon Kolom Desa

Layangan Hias Warga Payak Itam Desa Sutera Hiasi Langit Kayong Utara

Layangan Hias Warga Payak Itam Desa Sutera Hiasi Langit Kayong Utara Sumber foto: freepik

Layangan Hias Warga Payak Itam Desa Sutera Hiasi Langit Kayong Utara Sumber foto: freepik

KAYONG UTARA – Warga Payak Itam, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, menikmati waktu luang dengan bermain layangan berhias. Banyak ragam suara yang menghiasi langit Payak Itam dengan berbagai bentuk menjadi tontonan yang bisa disaksikan warga setiap sore.

 

 

“Kalau angin kuat, kita pasti memainkan layang hias ini dengan berbagai model, sesuai keinginan warga. Bentuk layangan hias seperti model japangan, sekaan, bentuk bulan bintang, jenis waw dan lainnya,” kata salah satu pemain layangan hias Limin, Senin (20/11/2023).

 

 

Limin mengatakan, layangan hias merupakan hasil karya masyarakat setempat yang memiliki keahlian khusus dalam memotong bambu dan menganyam bambu menjadi meriam indah. Jika Anda tidak memiliki keahlian khusus, seringkali sulit untuk menerbangkan layangannya.

 

 

Keunikan layangan warga lokal ini adalah adanya bunyi pada layangan atau sendaren yang terbuat dari plastik, rotan atau bambu yang dipasang di atas layangan. Bunyi yang dihasilkan beranekaragam, mulai dari bunyi kapal, pesawat terbang dan lainnya bergantung pada kreativitas si pembuat layangan.

 

 

Sementara itu Ia berharap agar ada kepedulian pemerintah terhadap pencinta layangan hias di Sukadana Kayong Utara. Singga pencinta layangan itu bisa semangat untuk berkarya.

 

 

“Kalau bisa, pemda mengadakan lomba layangan hias, agar kami terus berkarya dan berbagi pengalaman serta bisa silahturahmi dengan sesama pencinta layangan hias,” ujarnya.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Exit mobile version