Pelatihan Handycraft dan Mebel Bangkitkan Kapasitas Pemuda Jayapura

Ilustrasi Kerajinan Berbahan Kayu, Sumber Foto: Freepik
Ilustrasi Kerajinan Berbahan Kayu, Sumber Foto: Freepik

JAYAPURA – Belasan pemuda dari berbagai distrik di Kabupaten Jayapura, mengikuti pelatihan mebel dan handycraft. Berlokasi di Bengkel Kayu Kriya, SMKN 5 Kota Jayapura, kegiatan tersebut bertujuan membangkitkan kapasitas dan keterampilan pemuda di wilayah itu.

 

“Mereka tergabung dari berbagai distrik yakni, Nimbokrang, Kemtuk Gresi dan Kaureh,” kata Haryanto Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Selasa (14/11/2023).

 

Haryanto menjelaskan, selama pelatihan para peserta diajarkan bagaimana cara membuat pintu, lemari, tempat tidur. Selain itu mereka juga dilatih membuat kerajinan handicraft, seperti bingkai dan ukiran dari kayu.

 

“Ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dari anak-anak kita, sehingga ke depan juga bisa memberikan dampak ekonomi kepada mereka,” ujarnya.

 

Haryanto menjelaskan, sebanyak 16 peserta yang turut dalam pelatihan itu. Pelatihan yang diselenggarakan selama 26 hari (17 Oktober hingga 14 November 2023), diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mereka.

 

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Elpina Situmorang menyebut, ini merupakan kegiatan positif yang harus diberdayakan.

 

“Nah, kalau kita sudah melatih mereka, otomatis kita tidak boleh melepaskan mereka begitu saja, tapi harus ada pola pendampingan, yang dilakukan oleh dinas, agar kedepan pun dapat menghasilkan nilai ekonomi,” ujarnya.

 

Elpina juga berharap para peserta mengikuti pelatihan secara konsisten. Agar ke depannya membuahkan hasil yang baik.

 

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *