Site icon Kolom Desa

Program BIAS Dinkes OKU Berhasil Imunisasi Warga Desa

Program BIAS Dinkes OKU Berhasil Bantu Masyarakat Desa. Sumber: dinkes.okukab.go.id

Program BIAS Dinkes OKU Berhasil Bantu Masyarakat Desa. Sumber: dinkes.okukab.go.id

BATURAJA– Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mengadakan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Hal ini membantu masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan putra – putrinya.

 

 

“Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin lengkap,” ujar Subkordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Muhammad Yunius, Selasa (14/11/2023).

 

 

Program ini menyasar pada 20.856 siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiah (MI) atau sederajat di Kabupaten OKU.

 

 

Pemberian imunisasi itu dengan cara “jemput bola” hingga desa-desa oleh tenaga kesehatan di seluruh puskesmas di wilayah tersebut.

 

 

Dia menjelaskan Program BIAS untuk meningkatkan kekebalan anak usia sekolah terhadap penyakit campak, rubela, tetanus, dan difteri.

 

 

Selain itu, vaksin BIAS juga dapat memberikan kekebalan bagi anak perempuan usia sekolah terhadap penyakit kanker leher rahim serta menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit-penyakit tersebut.

 

 

Dalam program itu, siswa kelas 1 akan mendapatkan imunisasi MR dan DT untuk mencegah penyakit tetanus, difteri, campak, dan rubella, sedangkan murid kelas dua dan lima akan mendapatkan imunisasi Td untuk mencegah tetanus, dan khusus pelajar perempuan diberi imunisasi HPV guna mencegah penyakit kanker leher rahim.

 

 

Penulis: Kurnia
Editor: Danu

Exit mobile version