Site icon Kolom Desa

Tingkatkan Produksi, Sumsel Adakan Pembinaan Penyuluh Pertanian

Sumsel Adakan Pembinaan Penyuluh Guna Tingkatkan Produksi Pertanian. Sumber: Kementan.go.id

Sumsel Adakan Pembinaan Penyuluh Guna Tingkatkan Produksi Pertanian. Sumber: Kementan.go.id

BANYUASIN – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengadakan kegiatan pembinaan penyuluh pertanian SMKPP Negeri Sembawa, Kabupaten Banyuasin. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menghadiri kegiatan tersebut.

 

 

“Kami menyiapkan anggaran untuk 100 ribu hektare untuk Sumsel ini. Semoga ini bisa terserap mengangkat peringkat produksi pangan mungkin bisa nomer 4 atau nomer 3 di Indonesia dari sebelumnya nomer 5,” kata Mentan Amran, Senin (13/11/2023).

 

 

Amran menyampaikan bahwa Sumsel memiliki lahan yang luas untuk bisa di garap dalam meningkatkan produksi pangan. Untuk itu perlu peran pemerintah sebagai regulator dan terutama penyuluh menjadi kunci penting dalam keberhasilan program pembangunan pertanian.

 

 

“Para penyuluh pertanian jangan mengeluh, terus semangat bekerja, semakin meningkatkan motivasi serta keterampilan maupun wawasan di bidang pertanian yang terus berkembang,” kata Amran.

 

 

Lebih lanjut Amran mengatakan, siap memberikan dukungan kepada pada petani berupa penyaluran pupuk, memastikan benih yang bermutu, penyaluran sarana dan prasarana produksi lain, pemanfaatan alat dan mesin pertanian, asuransi pertanian dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

 

 

“Kalau lahan di Sumsel bisa tergarap baik, saya yakin beberapa tahun kedepan Sumatera Selatan bisa menjadi penyelamat pangan Indonesia dan itu akan tercatat nanti dalam sejarah,” katanya.

 

 

Provinsi Sumatera Selatan merupakan penyangga komoditas pangan strategis yang mempunyai potensi lahan sawah, lahan kering dan lahan rawa. Kegiatan ini mengundang sebanyak 1.000 orang yang terdiri dari Petani Milenial, Kelompok Wanita Tani (KWT), P4S, KTNA dan para Penyuluh Pertanian di Sumatra Selatan.

 

 

Penulis: Kurnia
Editor: Danu

Exit mobile version