Site icon Kolom Desa

Desa Belik Dirikan Wisata Petung Park

Peresmian Wisata Petung Paek di Desa Belik (5/3/2023). Sumber: Kominfo Jatim.

Peresmian Wisata Petung Paek di Desa Belik (5/3/2023). Sumber: Kominfo Jatim.

MOJOKERTO – Pemerintah Desa Belik, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto terus konsisten menangkap peluang dan potensi di wilayahnya. Desa yang berada di dataran tinggi ini dianugerahi pemandangan dan potensi alam yang melimpah dengan mendirikan wisata Petung Park.

 

“Selain untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD), juga untuk meningkatkan perekonomian warga,” kata Kepala Dasa Belik, Morsidi, Rabu  (8/11/2023).

 

Morsidi menjelaskan, wisata yang diresmikan Maret 2023 ini menyuguhkan panorama persawahan dan suasana pedesaan, ditambah sensasi sejuk sumber air pegunungan yang mengalir ke sawah hijau milik warga. Tahun depan, pihaknya berencana pembangunan wisata desa terus diperluas dengan mengangkat konsep baru.

 

”Yang melekat di Petung Park adalah ikon bambunya. Sebab, tak hanya lokasinya yang memang berada di antara lahan bambu, namun juga bangunannya tampak alami karena terbuat dari batang-batang bambu,” ujar Morsidi.

 

Ia menamabahkan, wisata seluas dua hektare yang dipenuhi dengan bambu petung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga, untuk mendukung kebangkitan ekonomi, Petung Park terus dibenahi sebagai wisata alam berbasis budaya desa.

 

”Mulai tahun depan nanti, akan kita tambah untuk akses jalan setapaknya. Karena, meski baru diresmikan awal tahun, pengunjungnya terus membeludak di akhir pekan,” terangnya.

 

Selain akses jalan, lapak kuliner di Petung Park juga terus diperluas dengan memberdayakan UMKM lokal warga setempat. Tak hanya itu, desa dengan dua dusun ini juga bakal mengembangkan wisata lain yang menurutnya bisa menjadi potensi.

 

“Yakni dengan memanfaatkan sawah sebagai titik destinasi kunjungan wisatawan. Insyaallah, untuk yang wisata sawah akan kami buka pada 2024 nanti. Ini masih proses merintis,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Exit mobile version