Site icon Kolom Desa

Perwakilan Desa se-Halmahera Timur Ikuti Bimtek Siskeudes

Ilustrasi Bimtek Siskeudes, Sumber Foto: Istock

Ilustrasi Bimtek Siskeudes, Sumber Foto: Istock

HALTIM – Sebanyak 214 peserta yang terdiri dari Sekretaris dan Bendahara Desa se Kabupaten Halmahera Timur ikuti Bimtek Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Batik Ternate itu, juga diikuti Tim Teknis Kecamatan yang ada di Kabupaten Setempat, Selasa (31/10/2023).

 

“Saya harap kepada peserta Bimtek agar manfaatkanlah momentum ini dengan baik. Serap apa yang diberikan oleh narasumber,”ujar Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub secara online dalam opening kegiatan tersebut.

 

Selain itu, Bupati Ubaid dalam kesempatan juga mengingatkan kepada peserta agar mengelola keuangan desa dengan baik. Supaya tidak masalah di kemudian hari, ia juga menegaskan Sekretaris maupun Bendahara desa agar konsisten terhadap pengelolaan keuangan desa.

 

“Beberapa kasus di Halmahera Timur kita jadikan pelajaran supaya tidak terulang lagi,” ujarnya.

 

Dalam pelatihan Siskeudes Berbasis Online menghadirkan BPKP sebagai Narasumber untuk memberikan pelatihan tata cara pengimputan kegiatan desa.

 

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Halmahera Timur, Khalid Abbas menambahkan tujuan dari pelaksanaan dari Bimtek Siskeudes Berbasis Online. Output dari kegiatan tersebut agar meningkatkan pemahaman aparat desa terhadap pengelolaan desa menggunakan Aplikasi Siskeudes secara online.

 

“Tujuanya adalah sekaligus mendorong terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang efektif, efisien transparan, dan akuntabel serta sebagai bagian dari langkah menuju satu data Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version