Site icon Kolom Desa

Pelatihan P3PD Diharapkan Gali Potensi dan Tingkatkan PAD

Ilustrasi pelatihan P3PD Sumber Foto: Istockphoto

Ilustrasi pelatihan P3PD Sumber Foto: Istockphoto

KENDARI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (P3PD). Dari pelatihan ini diharapkan potensi yang ada di desa bisa lebih di gali dan bisa meningkatkan jumlah PAD.

 

“Hingga pelatihan ini mampu meningkatkan manajerial mempercepat digitalisasi desa melalui pemanfaatan teknologi,” harap Kadi PMD Sultra, I Gede Panca, Selasa (31/10/2023).

 

Kadis PMD Sultra I Gede Panca mengatakan pelatihan ini digelar untuk mewujudkan nawacita presiden dalam membangun Indonesia dari pinggiran. Diharapkan juga bahwa perangkat desa bisa menghadapi teknologi informasi sehingga berpengaruh positif terhadap perkembangan Desa.

 

Sementara Kasubag Direktorat Fasilitasi Kerja Sama LPD dan Ditjen BPD Kemendagri Ginting Prabowo Mengatakan, pelatihan ke sembilan ini digelar di sembilan hotel berbeda di Kota Kendari. Pelatihan ini melibatkan 160 Desa dengan jumlah peserta 640 orang.

 

“Pelatihan ke sembilan ini di fokuskan pada tematik batas desa hingga materi kepemimpinan dan kewirausahaan untuk menggali jiwa kepemimpinan peserta,” ungkapnya.

 

Sehingga mampu melihat potensi yang ada di desa masing-masing. Nantinya potensi tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa secara khusus dan daerah secara umum.

 

“Harapannya kegiatan ini dapat mendongkrak dan meningkatkan PAD Desa,” tutup Ginting Prabowo.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version