Hujan Es Melanda Sejumlah Desa di Sragen

Ilustrasi hujan es. Sumber foto: iStock.
Ilustrasi hujan es. Sumber foto: iStock.

SRAGEN Hujan es melanda sejumlah kecamatan dan desa di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Ahad (22/10/2023) sore selama beberapa saat. Peristiwa ini terjadi di Desa Kacangan, Kecamatan Sumberlawang, dan Desa Gemantar serta Desa Sumberejo di Kecamatan Mondokan.

 

“Betul, hujan es dan hujan lebat dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Fenomena ini menyebabkan 137 rumah rusak ringan hingga berat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sragen, Raden Triono Putra, Senin (23/10/2023).

 

Raden mengatakan, BPBD mencatat ada sebanyak 137 rumah mengalami rusak ringan dan dua rumah mengalami rusak berat. Meski demikian, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

 

“Kalau kerugian diperkirakan sampai Rp 137,5 juta. Kalau yang rumah rusak berat, salah satu pemilik mengalami luka, namun saat ini sudah dirujuk ke Rumah Sakit Assalam Gemolong,” katanya.

 

Raden menjelaskan, terkait penanganan awal yang dilakukan, salah satunya adalah pembersihan rumah roboh dengan melibatkan relawan. Sementara itu, kondisi tersebut juga mengakibatkan terganggunya aktivitas warga dan akses jalan terhambat.

 

“Beberapa pohon menimpa rumah, banyak genteng yang rusak. Kami mengimbau kepada instansi terkait agar menyampaikan ke masyarakat untuk memangkas ranting pohon yang berpotensi patah dan dapat membahayakan pengguna jalan,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *