Site icon Kolom Desa

Desa Tongauna Bakal Miliki Areal Persawahan

Ilustrasi persawahan Sumber Foto: Istockphoto

Ilustrasi persawahan Sumber Foto: Istockphoto

KOLAKA TIMUR – Meski menjadi wilayah paling jauh dan berada di dataran tinggi bersama Desa Puurau, Desa Tongauna, Kecamatan Ueesi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tidak lama lagi akan miliki areal persawahan. Desa Tongauna yang beberapa tahun terkahir menjadi tujuan program transmigrasi, saat ini sedang dibuatkan areal persawahan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

 

“Kalau ini terealisasi keseluruhannya, maka luar biasa padi yang kita hasilkan di sini dan ini akan menjadi cikal bakal meningkatnya taraf hidup masyarakat kita di sini,” kata Bupati , Abdul Azis, Sabtu (14/10/2023).

 

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan data tim yang sedang mengerjakan percetakan sawah tersebut, luasannya mencapai 100×75 meter per kavling. Saat ini sedang dikerjakan 80 kavling yang terbagi di tiga tempat dalam desa tersebut.

 

Abdul Azis mengatakan potensi sawah secara keseluruhan di dua desa yaitu Tongauna dan Puurau itu mencapai 3.065 hektare. Jika potensi ini dapat dimaksimalkan maka masyarakat setempat bisa sejahtera.

 

Diketahui, saat meninjau lokasi percetakan sawah di Desa Tongauna Kecamatan Ueesi, Bupati didampingi oleh Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis A.Ma dan pihak terkait. Dengan proses pencatakan sawah yang sedang berlangsung saat ini, bupati menyebut sekitar akhir November tahun ini, sawah tersebut sudah bisa berfungsi dan digarap para pemilik lahan.

 

Sedang Kadis Nakertrans Koltim Bio Mansur S.Pd M.Si yang turut mendampingi bupati menyebut, jika program pencetakan sawah ini, sudah direncanakan sejak 2021 lalu. Akan tetapi program ini baru baru terealisasi di tahun 2023 ini.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version