Site icon Kolom Desa

Desa di Konawe Utara Dinobatkan Jadi Desa Inovasi Pertama

Ilustrasi inovasi desa Sumber Foto: Istockphoto

Ilustrasi inovasi desa Sumber Foto: Istockphoto

KONAWE UTARA Desa Laramo di Kecamatan Lembo dinobatkan menjadi Desa Inovasi pertama di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Pemilihan tersebut menjadi bagian dari Program Desa Inovasi yang dirilis oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

 

“Program ini merupakan sebuah kerja sama antara Pusat Riset Politik (PRP) BRIN dengan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD),” ungkap Ketua Desa Inovasi BRIN, Siti Zuhro, Sabtu (14/10/2023).

 

Desa Inovasi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat melalui kekuatan kolektif masyarakat Laramo dari berbagai suku, etnisitas dan profesi. Program ini dilakukan untuk mendorong pelaksanaan program pelayanan publik pemerintah desa yang berkualitas, berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

 

Tujuan lainnya juga untuk memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat desa dimana Program Desa Inovasi terdiri dari 5 klaster atau pilar utama, yakni Smart People, Smart Governance, Smart Economy, Smart Living/Environment, dan Smart Heritage. Kelima klaster ini saling melengkapi dan menjadi satu kesatuan yang utuh (continuum).

 

Pada kesempatan tersebut, Siti Zuhro menyampaikan selamat kepada Kepala Desa Laramo karena desa di bawah kepemimpinannya terpilih menjadi desa pertama di Konawe Utara yang akan menjalankan program Desa Inovasi. Dalam penyampaiannya ia berharap agar desa lainnya bisa belajar dari keberhasilan Desa Laramo.

 

“Bukan tidak mungkin desa-desa lainnya nanti akan datang dan belajar dari kesuksesan Desa Laramo dalam memajukan kelima pilar Desa Inovasi,” pungkas Siti Zuhro.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version