Site icon Kolom Desa

Karhutla di Pekanbaru Akhirnya Berhasil Dipadamkan

Karhutla di Pekanbaru Akhirnya Berhasil Dipadamkan

Ilustrasi karhutla. Sumber foto: iStock

PEKANBARUKebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda wilayah Kota Pekanbaru dan sekitar telah berhasil dikendalikan. Tim pemadam gabungan berjibaku menangani karhutla agar tidak meluas.

 

Komandan Manggala Agni Daops Pekanbaru Chaerul Parsaulian Ginting kepada Media Indonesia mengatakan upaya pemadaman kebakaran lahan telah berhasil dilakukan di Desa Pandau Jaya dan Desa Karya Indah, Kabupaten Kampar, Riau.

 

“Untuk Desa Karya Indah pagi ini dilakukan pengecekan kembali untuk memastikan api tidak hidup kembali,” kata Chaerul, Selasa, (3/4/2023).

 

Ia menjelaskan, pihaknya juga kembali turun untuk melakukan pemadaman di Desa Rimbo Panjang dan Desa Tarai Bangun, Kabupaten Kampar. Upaya pemadaman Karhutla pada lahan gambut itu harus terus dilanjutkan karena kebakaran sudah masuk di kebakaran bawah lapisan gambut.

 

“Hari ini kita juga lanjut (pemadaman) di Rimbo Panjang dan Tarai Bangun,” ujarnya.

 

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mencatat terdapat lima titik karhutla yang terjadi di Kota Pekanbaru pada Senin, 2 Oktober.

 

Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra mengatakan lima titik tersebut ada di Jl. Sudirman Ujung, Jl. Melati, Tampan, Jl. Soekarno Hatta, air hitam, Jl. Naga Sakti, Tampan, dan Jl. Lintas Timur, Tenayan Raya.

 

Menurutnya, karhutla di lima titik tersebut sejauh ini masih bisa ditanggulangi Satgas BPBD Kota Pekanbaru dengan baik, dimana api berhasil dipadamkan dan tidak merembet lebih luas. BPBD Kota Pekanbaru sendiri saat ini terus siaga terhadap kemungkinan adanya karhutla lagi di Pekanbaru, karena dampaknya sangat berpengaruh terhadap kualitas udara di Pekanbaru dan menimbulkan penyakit pernafasan.

 

“Semua petugas siaga dan siap diturunkan ketika terjadi bencana karhutla,” ujarnya.

 

Selain itu, lanjutnya, dalam upaya penanggulangan karhutla, pihak BPBD Kota Pekanbaru juga terus berkoordinasi dengan jajaran TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat sekitar.

 

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan. “Apabila melihat kebakaran lahan di Kota Pekanbaru silahkan menghubungi Call Center BPBD Kota Pekanbaru di 0811 76 51464,” pungkasnya.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Exit mobile version