Site icon Kolom Desa

Bupati Tabalong Optimis Ribuan Hektare Lahan Lebak Bisa Optimal

Bupati Tabalong Optimis Ribuan Hektare Lahan Lebak Bisa Optimal Sumber foto: portal.tabalongkab.go.id

Bupati Tabalong Optimis Ribuan Hektare Lahan Lebak Bisa Optimal Sumber foto: portal.tabalongkab.go.id

TABOLANG – Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan H Anang Syakhfiani mengaku optimis ribuan hektare lahan lebak di wilayah Selatan. Bertepat pada Desa Ampukung Kecamatan Kelua bisa dimanfaatkan lebih optimal sebagai lahan pertanian.

 

“Sekitar 1.300 hektare lahan lebak telah ditanami padi dan sisanya 3 ribu hektare lebih akan kita optimalkan agar bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian ,” jelas Anang, Senin (2/10/2023)

 

 

Untuk mengoptimalkan 3.000 hektare lebak Ampukung, kini telah ditangani Balai Penelitian Pertanian Rawa Kementerian Pertanian. Dengan acuan hasil dari kajian Universitas Lambung Mangkurat yang dilakukan pada tahun 2016.

 

 

Jika lebak Ampukung bisa ditangani dengan baik maka bisa mendukung lahan pertanian di wilayah Selatan lainnya. Desa Ampukung menjadi andalan Tabalong di sektor pertanian.

 

 

Camat Kelua Suwandi mendukung upaya Pemkab Tabalong untuk mengoptimalkan lebak Ampukung sebagai lahan pertanian. Mengoptimalkan inovasi padi apung guna menambah pendapatan petani lokal.

 

 

“Kita bersama pihak terkait akan melihat keberhasilan petani di Kabupaten HSS yang berhasil mengembangkan padi apung agar bisa diterapkan di Desa Ampukung,” jelas Suwandi.

 

 

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Fahrul Raji mengatakan saat ini lahan rawa lebak di Desa Ampukung yang berhasil panen mencapai 400 hektare. Dengan produktivitas 4,7kilogram gaban kering giling per hektare dan produksi per hektare 7,5 ton.

 

 

“Kita juga memberikan bantuan dua mesin perontok padi untuk kelompok tani Desa Ampukung guna mendukung pengolahan hasil panen,” tutup fahrul.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Exit mobile version