Site icon Kolom Desa

P3PD Dinilai Mampu Tingkatkan Kompetensi Aparatur Desa

Ilustrasi program pelatihan P3PD untuk Kepala Desa Sumber Foto: Istockphoto

Ilustrasi program pelatihan P3PD untuk Kepala Desa Sumber Foto: Istockphoto

MANADO – Ada 288 Aparatur Pemerintahan Desa berasal dari 72 desa di empat kabupaten yakni Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, dan Minahasa Selatan. Jalal Cago Kepala Desa Pangi menyebut bahwa program P3PD ini sangat bermanfaat terutama dalam segi peningkatan kompetensi aparatur desa.

 

“Kenapa berguna karena kita belajar hal-hal baru tentang regulasi dan kebijakan serta kemajuan desa,” kata Jalal, Senin (2/10/2023).

 

Sejumlah Aparatur Pemerintahan Desa mengaku senang dengan pelatih P3PD ini. Karena ada pengetahuan baru dan update skill yang meraka dapatkan.

 

“Mengingat kebanyakan sekarang aparatur pemerintahan desa pendidikannya cuma sampai SMP dan SMA bukan Sarjana,” tuturnya.

 

Ia mengaku sebagai kepala desa yang hanya tamatan SMP sangat terbantu dengan materi-materi yang di dapat selama dua hari ini. Ia mengatakan bahwa materi-materi yang diterima telah dicatat dan bahkan ada yang sengaja di rekam dengan HP.

 

“Materi-materi saya catat bahkan ada beberapa yang sengaja di rekam dengan HP,” sebutnya.

 

Ia berharap kegiatan seperti ini setiap tahun digelar oleh Kemendagri RI karena sangat luar biasa dampaknya. Ia juga mengatakan bahwa selain dirinya, teman-teman kades berharap pelatihan ini bisa digelar lagi di tahun depan.

 

“Teman-teman yang lain juga berharap tahun depan kembali digelar agar kita bisa terus belajar,” harapnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version