Site icon Kolom Desa

BUMK Ayapo dan Asei Besar Dapat Bantuan Speedboat

Ilustrasi Speedboat, Sumber Foto: pixabay

Ilustrasi Speedboat, Sumber Foto: pixabay

JAYAPURA – Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Ayapo dan Asei Besar di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura mendapat bantuan speedboat. Pengurus BUMK menerima Penyerahan hibah transportasi pedesaan itu dari Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo di Dermaga Kalkhote.

 

“Kami harapkan penerima manfaat dapat dimanfaatkan dengan baik dan diatur dengan baik untuk pemanfaatan bagi anak sekolah, dan muatan barang,” ujar Triwarno, Selasa (26/9/2023).

 

Hadir pula Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, Kepala Kampung Ayapo, Lewi Puhili, dan Kepala Kampung Assi Besar, Antoneta Ohee. Dengan bantuan itu PJ Bupati beharap dapat meningkatkan perekonomian kampung, sehingga pemanfaatannya dapat digunakan untuk kepentingan umum bukan pribadi.

 

“Karena selanjutnya kan di kelola Bumkam jadi pengelolaan diatur juga supaya bisa menghasilkan, jangan dikuasai secara pribadi tapi membantu masyarakat,” tegasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw mengatakan bantuan speedboat menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1,5 miliar. Sementara untuk perawatan speedboat akan menggunakan dana BUMK.

 

“Speedboat masing-masing 7 GT dengan kapasitas penumpang 25 orang. Perawatannya nanti ke Bumkam karena skema Kementrian Pedesaan DAK tidak bisa dilakukan perawatan oleh pemerintah daerah kecuali ada Perdanya,” tandasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version