Site icon Kolom Desa

Ubaid Yakub: BPD Harus Sesuai fungsinya

Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub, Sumber Foto: Istimewa

Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub, Sumber Foto: Istimewa

HALMAHERA TIMUR – Menurut Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub Camat ialah orang pertama memverifikasi kerja-kerja pemerintah desa. Begitu juga BPD, Ia menegaskan agar serius melakukan pendampingan berdasarkan fungsinya.

 

Oleh sebab itu, ia meminta seluruh Camat dan BPD mengawasi seluruh kinerja kepala desa. Tujuannya supaya seluruh program mereka canangkan dapat berjalan sesuai mekanisme.

 

“Perlu intens Pendampingan. Pertama camat, dan BPD untuk kerja-kerja kepala desa,”katanya, Minggu (24/9/2023).

 

Ia mengemukakan, karena cuman itu yang harus dilakukan, sebelum pihaknya mengevaluasi dan mengkoreksi. Sehingga, ia menuturkan, saat ini ada beberapa langkah-langkah strategis dari DPMD melakukan Bimtek.

 

“Jadi Bimtek ini kemudian dilakukan pendampingan, sampai pada tahapan review atas seluruh laporan pertanggungjawaban sebelum masuk ke Inspektorat,”ujarnya.

 

Bupati menambahkan, selepas itu nanti ada tahapan review dan pengawasan secara berjenjang. sehingga ada peningkatan, dimulai dari Camat, DPMD lalu kemudian Inspektorat.

 

“Itu dilakukan sebelum ke tim pengawasan eksternal BPK, dan seterusnya diakhiri pertanggungjawaban tahun anggaran,”pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version