Site icon Kolom Desa

Pemprov Bali Pasang 2.307 Titik WiFi Gratis di 9 Kabupaten

ilustrasi wifi, sumber foto: istimewa

ilustrasi wifi, sumber foto: istimewa

BALIPemerintah Provinsi Bali memasang jaringan internet WiFi gratis di 2.307 titik yang tersebar di sembilan kabupaten/kota di provinsi Bali pada 2023. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan pada masyarakat desa dalam mengakses informasi.

 

“Pemasangan internet atau WiFi gratis ini sudah dilakukan sejak 2018 dan terus kami tingkatkan,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfos) Provinsi Bali, Gede Pramana, Minggu, (24/9/2023).

 

WiFi gratis tersebut, ditempatkan di desa adat, puskesmas, daerah pariwisata, fasilitas umum dan SMA/SMK seluruh Bali dan SLB negeri. Ia berharap kedepannya WiFi gratis tersebut bisa di pasang disetiap banjar (dusun) untuk memberi kemudahan dalam mengakses informasi.

 

“Kami ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat karena sekarang semuanya sudah digital. Jadi, kami ingin memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mengakses informasi yang ada,” ujarnya.

 

Selain itu, dengan adanya internet gratis ini, juga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mempromosikan produk-produknya. Demikian pula untuk tempat-tempat wisata, para pelaku pariwisata dapat dengan mudah mengunggah daya tarik wisata yang dimiliki ke media sosial.

 

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan internet dengan bijak dan bisa cakap digital. Dirinya juga berharap agar masyarakat tidak menyebarkan informasi yang masih belum jelas kebenarannya.

 

“Jangan sampai menggunakan internet untuk menyebarkan hoaks dan masyarakat harus berhati-hati menggunakan internet karena ada aspek positif dan negatifnya,” katanya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version