Site icon Kolom Desa

Tiga Desa Wisata di Sumbar Dapat Dana DPUP

Tiga Desa Wisata di Sumbar Dapat Dana DPUP

Sandiaga Uno dalam acara Kelana Nusantara di Cagar Budaya Spaarbank Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (9/9/2023). Sumber foto: Istimewa

PADANG – Tiga desa wisata di Sumatera Barat mendapatkan bantuan permodalan dari Kemenparekraf lewat program Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP). Dana sebesar Rp.120 juta per desa itu, agar dapat digunakan untuk mengembangkan potensi desanya secara masif.

 

“Selamat kepada Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Desa Wisata Saribu Gonjong dan Desa Wisata Sungai Batang karena telah berhasil mendapatkan dana DPUP,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam acara Kelana Nusantara di Cagar Budaya Spaarbank Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (9/9/2023).

 

Ketiga desa wisata tersebut antara lain, Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu di Kabupaten Tanah Datar, Desa Wisata Saribu Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Desa Wisata Sungai Batang di Kabupaten Agam.

 

Dana tersebut nantinya akan dikelola oleh Pokdarwis untuk pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing desa.

 

Atas pencapaian itu, Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan apresiasinya.
Dirinya berharap bantuan permodalan tersebut dapat mengembangkan potensi dan sumber daya desa.

 

Sehingga, peluang usaha dan lapangan kerja semakin terbuka lewat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

 

“Kemenparekraf sangat mengapresiasi upaya Provinsi Sumatera Barat dalam mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya melalui desa wisata,” tambahnya.

 

Oleh sebab itu, dirinya berharap program DPUP ini bisa secara nyata memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pengembangan usaha bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Exit mobile version