Site icon Kolom Desa

PLTU Barru Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat di Desa Lampoko

Ilustrasi PLTU di Kabupaten Barru Sumber Foto: Istockphoto

Ilustrasi PLTU di Kabupaten Barru Sumber Foto: Istockphoto

BARRU – Memasuki puncak musim kemarau tahun ini mengakibatkan kekeringan yang cukup ekstem di seluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Akibat fenomena kekeringan ini, PLTU Barru melalui PDAM Tirta Waesae memberikan bantuan air bersih dengan menempatkan 4 tandon air berkapasitas besar, untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan untuk konsumsi.

 

“Selain itu, juga diberi bantuan alat kebersihan, sembako dan pemeriksaan kesehatan rutin setiap minggu sebagai bentuk kepedulian terhadap warga sekitar,” terang Kepala Desa Lampoko, Budiman, Selasa (19/9/2023).

 

Sementara untuk di jalan, perusahaan juga melakukan penyiraman guna mengurangi debu. hanya saja warga meminta dihentikan, sebab menurut warga sama saja membuang air secara percuma ke jalan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan aktifitas masyarakat.

 

Kades Lampoko juga mengungkapkan, bahwa kehadiran PLTU Barru sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat. Khususnya dalam peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat Desa Lampoko.

 

“Kalau dulunya warga selalu merantau untuk mencari kerja, dengan kehadiran PLTU Barru yang mengutamakan warga lokal akhirnya merubah perekonomian masyarakat,” ungkap Budiman.

 

Peningkatan perekonomian masyarakat bisa terlihat dimana saat ini hampir setiap rumah sudah punya kendaraan sendiri baik motor maupun mobil. Bahkan ada yang memiliki rumah yang tergolong cukup mewah.

 

“Ada beberapa warga yang bisa dibilang telah mandiri dan bahkan memiliki perusahaan sendiri untuk mensuplai kebutuhan PLTU Barru,” pungkas Budiman.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version