Site icon Kolom Desa

Saletto Dicanangkan Sebagai Desa Zero ATS

Ilustrasi Pemprov Sulbar berupaya meningkatkan SDM masyarakatnya dengan menekan angka anak putus sekolah (ATS) Sumber Foto: Istockphoto

Ilustrasi Pemprov Sulbar berupaya meningkatkan SDM masyarakatnya dengan menekan angka anak putus sekolah (ATS) Sumber Foto: Istockphoto

MAMUJU – Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menargetkan Desa Salletto, Kecamatan Simboro Kepulauan sebagai desa zero anak tidak sekolah (ATS). Kepala Diknas Sulbar, Mithar mengatakan, pemerintah Sulbar akan berupaya agar Desa Salletto di Kabupaten Mamuju dapat terbebas dari ATS.

 

“Pemerintah Sulbar, melibatkan pemerintah Kabupaten dan seluruh pihak sekolah dari tingkat SD, SMP hingga SMA dan SMK serta pengawas sekolah kemudian kepala dusun di Desa Salletto, untuk berkolaborasi menangani stunting,” sebut Mithar, Minggu (10/9/2023).

 

Ia mengatakan, dengan strategi tersebut, diharapkan dapat berpengaruh keseluruh desa lainnya di Mamuju, agar dapat zero ATS sehingga ATS di Sulbar dapat diturunkan. Ia mengaku, optimis angka penderita stunting dapat diturunkan, sehingga kerjasama seluruh pihak di Mamuju sangat diharapkan menurunkan angka stunting.

 

Sebanyak 48 ribu orang atau 10,52 persen anak di Sulbar mengalami putus sekolah berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Penjabat Gubernur Sulbar, Zudan Arif mengatakan, anak mengalami putus sekolah tersebut menjadi permasalahan pembangunan yang dihadapi pemerintah di Sulbar.

 

Anak putus sekolah tersebut disebabkan berbagai faktor diantaranya karena pola pikir masyarakat yang menilai pendidikan bukan hal penting, kemudian ketidakmampuan ekonomi, serta minimnya dukungan anggaran pemerintah. Menurut Zudan, dampak dari tingginya anak putus sekolah di Sulbar mengakibatkan tingginya pernikahan anak usia dini serta masalah stunting dan kemiskinan ekstrim yang menambah permasalahan pembangunan di Sulbar.

 

“Permasalahan anak putus sekolah akan berupaya diselesaikan pemerintah, karena dapat mengakibatkan masalah pembangunan lainnya tersebut,” tutupnya.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version