Site icon Kolom Desa

3 Desa Wisata di Padang Dapat Dana Dukungan Kemenparekraf

3 Desa Wisata di Padang Dapat Dana Dukungan Kemenparekraf

Menparekraf Serahkan Bantuan DPUP Kepada Tiga Desa Wisata di Sumbar. Sumber foto: Website Resmi Kemenparekraf

PADANG – Sebanyak 3 desa wisata di Sumatera Barat memperoleh dana dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), bersama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal ini dutujukan untuk pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dan literasi keuangan bagi 3 desa terkait.

 

“Kami memberikan bantuan berupa uang untuk pembelian peralatan pendukung produksi. Selain itu kami juga memberikan pemahaman tentang literasi keuangan bagi 3 desa itu,” kata Sandiaga Uno di Gedung Gebouw van Padangsch Spaarbank, Kota Padang, Sabtu (9/9/2023).

 

Menurut Sandi, bantuan berbentuk uang ini merupakan bentuk dukungan dari Pengembangan Usaha Parekraf (PUP) bagi desa yang memperoleh Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 dan 2022.

 

Ketiga desa tersebut, yakni Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Kabupaten Tanah Datar; Desa Wisata Saribu Gonjong Kabupaten Lima Puluh Kota dan Desa Wisata Sungai Batang Kabupaten Agam, masing-masing memperoleh bantuan sebesar Rp 120 juta.

 

“Pemberian bantuan bagi 3 desa wisata di Sumatera Barat merupakan bentuk keberpihakan pemerintah untuk menjadikan desa wisata lebih tangguh ke depan dengan daya tarik wisata yang lebih beragam dan kemampuan membangun produk ekonomi kreatif unggulan,” jelasnya.

 

“Saya sudah mendorong agar bantuan baik dana dan juga pendampingan dalam literasi keuangan ini bisa difokuskan pada peningkatan SDM, peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, peningkatan destinasi wisata. Sehingga berdampak kunjungan wisatawan itu lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan,” ungkapnya.

 

Setelah bantuan itu diserahkan, Menparekraf Sandiaga berharap bantuan itu dapat dimanfaatkan oleh ketiga desa tersebut agar bisa mendulang kepentingan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif salah satunya di Sumbar.

 

“Kami berharap adanya peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, agar peningkatan destinasi wisata. Sehingga ke depan kunjungan wisata berkualitas meningkat dan berkelanjutan di Sumbar,” jelasnya.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Exit mobile version