Site icon Kolom Desa

Pemkab Badung Siapkan Anggaran Dana APBD Untuk Pantai Pandawa

Pemkab Badung, Dana, Pantai Pandawa

Pemkab Badung, Dana, Pantai Pandawa

BADUNGPemerintah Kabupaten Badung, menyiapkan dana anggaran induk APBD Badung tahun 2024 untuk mendukung rencana perbaikan atau penataan kawasan wisata Pantai Pandawa yang terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan. Hal tersebut ia lakukan mengingat tingginya kunjungan wisatawan yang datang.

 

“Dukungan penataan Pantai Pandawa ini tidak terlepas dari tingginya kunjungan wisatawan ke Badung terutamanya ke Pantai Pandawa. Ini dapat dilihat dari kunjungan wisatawan ke Bali per harinya mencapai 17.900 wisatawan,” kata Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, Selasa, (5/9/2023).

 

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah menerima pemaparan masterplan penataan Pantai Pandawa dari Bendesa Adat Kutuh Nyoman Mesir. Menurutnya, beberapa masukan penyempurnaan rencana induk (masterplan) tersebut, seperti penataan candi sebagai pintu masuk pantai agar dibuat cukup besar, kokoh, dan tinggi.

 

Selain itu, bangunan shelter kebencanaan juga akan menjadi prioritas. Kemudian, Patung Bhisma di atas shelter yang rencananya dari beton diganti dengan perunggu dan di sekitar patung diberi pengaman.

 

Ia menambahkan, hal wajib lain yang harus ada di shelter kebencanaan yaitu teropong. Karena sebagai alat untuk melihat situasi di areal pantai, juga sebagai wahana edukasi.

 

“Jadi konsep pengembangan dan penataan Pantai Pandawa akan segera dikoordinasikan dengan jajaran Dinas Pariwisata, sebagai bagian dari promosi wisata,” katanya.

 

Sementara itu, Bendesa Adat Kutuh Nyoman Mesir mengungkapkan nantinya akan ada sejumlah penataan yang akan dilakukan pada daya tarik wisata Pantai Pandawa. Berdasarkan masterplan yang ada, penataan akan dimulai dari perempatan jalan masuk ke pantai sampai ke gerbang.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version