Diantara 4.573 Desa, Negeri Rutong Menangkan ADWI 2023

AMBON – Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Provinsi Maluku meraih penghargaan nasional pada ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Negeri Rutong meraih peringkat ke-4 dari total 4.573 pendaftar dalam kategori desa wisata digital dan konten kreatif.

 

Sebelumnya, desa tersebut telah melewati tiga tahap, yakni tahap pendaftaran dan tahap seleksi. Sampai masuk dalam babak 75 besar dalam perlombaan tersebut.

 

“Dari lima kategori pada ADWI 2023 yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisatadan CHSE. Puji Tuhan kami berhasil meraih peringkat empat,” kata Raja Negeri Rutong, Reza Maspaitella di Ambon, Kamis (31/8/2023).

 

Reza menjelaskan, Negeri Rutong menerapkan digitalisasi melalui platform digital Rutong.id. sebagai bentuk pengembangan desa pintar pertama di provinsi Maluku. Platform digital itu, mengutamakan adat budaya dalam memajukan perekonomian masyarakat dengan berbasis teknologi digital.

 

Pengembangan “smart village” adalah untuk menjawab tantangan dalam tata kelola pemerintahan, pengembangan SDM sebagai titik sentral pembangunan, komunikasi publik yang efektif dan terbuka, pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan sektor ekonomi.

 

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyatakan, penghargaan ADWI yang diterima Negeri Rutong merupakan hadiah menjelang HUT ke – 448 Kota Ambon pada 7 September 2023.
Dengan itu, diharapkan menjadi motivasi bagi desa, negeri dan kelurahan lain di Kota Ambon.

 

“Penghargaan yang diraih merupakan bukti dukungan seluruh pihak, melalui berbagi kategori pada ajang tersebut ke depan desa-desa lainnya di kota Ambon dapat ikut dan menjadi bagian membangun desa dan negeri,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *