Site icon Kolom Desa

PLN Dorong Desa di Jatim Jadi Desa Tematik

Petugas PLN saat melakukan perbaikan infrastruktur. Sumber foto: Dok. Humas PLN UID Jatim.

Petugas PLN saat melakukan perbaikan infrastruktur. Sumber foto: Dok. Humas PLN UID Jatim.

SURABAYAPT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mendorong pertumbuhan ekonomi desa melalui program desa tematik. Melalui program ini kawasan yang memiliki potensi di bidang pertanian, perikanan, pariwisata, Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) diberikan bantuan elektrifikasi dan pemberdayaan untuk menggerakkan roda perekonomian.

 

“Tujuan program ini  untuk pengembangan kawasan dengan mendorong masyarakat pedesaan lebih produktif dengan modernisasi peralatan berbasis teknologi. Tentunya program ini tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi listrik untuk kehidupan sehari-hari,” kata General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, Selasa (22/8/2023).

 

Pihaknya memberikan bantuan elektrifikasi hingga sarana prasarana di 9 wilayah tersebar di Bojonegoro, Gresik, Jember, Kediri, Madiun. Kemudian Surabaya, Sidoarjo, Pamekasan hingga Situbondo.

 

Ia menjelaskan, salah satu penerima bantuan yakni Wana Wisata Grape yang terletak di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Kawasan ini menjadi salah satu obyek wisata kawasan hutan jati serta sumber mata air pegunungan Wilis.

 

“Untuk mendukung pengembangan kawasan ini, PLN melakukan elektrifikasi 19 pelanggan 1 phasa dengan total daya 34,9 kVA. Untuk mempercepat pengembangan kawasan, PLN pun memberikan bantuan kompor induksi kepada UMKM yang berasal dari warga sekitar,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Kresek Mariyono menyampaikan harapan kerja sama ke depan dengan pihak PLN. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PLN Madiun sudah merealisasikan pemasangan listrik di Wana Wisata Grape.

 

“Mudah-mudahan kerja sama yang sangat baik ini dapat semakin ditingkatkan dan dapat meningkatkan produktifitas UMKM di Wana Wisata Grape,” tutur Mariyono.

 

Tak hanya itu, program desa tematik untuk pengembangan wisata lokal juga diinisiasi di Sumenep. Mengusung konsep Desa Bersinar, PLN memberikan bantuan berupa neon box bergerak bertema PLN, lampu taman di 10 titik strategis di sekitar sungai desa, serta penerangan lampu air mancur yang mempercantik jembatan di atas sungai.

 

“Kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan PLN, dikarenakan dengan itu, sungai di desa kami kini menjadi salah satu ikon wisata di Desa Kebon Agung,” kata Kepala Desa Kebon Agung, Bustanul Affa.

 

Langkah ini diambil untuk menciptakan suasana yang lebih menarik bagi warga dan wisatawan yang datang ke desa. Selain itu, dapat membangkitkan minat masyarakat untuk mengunjungi dan menjadikan Desa Kebon Agung sebagai destinasi wisata baru.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version