Site icon Kolom Desa

Pemdes Diimbau Ambil Langkah Taktis Antisipasi Karhutla

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan Sumber Foto: Istockphoto

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan Sumber Foto: Istockphoto

Pemdes Diimbau Ambil Langkah Taktis Antisipasi Karhutla

 

MAMUJU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat meminta agar Pemerintah Desa (Pemdes) segera mengambil langkah-langkah dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran. Pasalnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan fenomena yang kerap menghantui masyarakat terutama saat musim kemarau tiba.

 

“Pemerintah setempat itu, pemerintah desa, kelurahan, RT, RW, harus mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan,” kata Sekretaris provinsi, Muhammad Idris, Rabu (24/8/2023).

 

Apalagi di musim kemarau ini, rentan terjadinya kebakaran. Ia berharap agar tak ada lagi kasus kebakaran hutan terjadi di Sulbar pada tahun ini.

 

“Tidak boleh dibiarkan di musim ini,” ucapnya.

 

Ia menyebut bahwa daerah Mamuju merupakan daerah perhutanan. Sehingga kondisi tersebut menjadikan Mamuju sebagai daerah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan apalagi saat musim kemarau.

 

Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu memastikan dan mengawasi titik-titik daerah rawan kebakaran. Dengan pengawasan titik kebakaran yang intensif, diharapkan potensi kebaran hutan dan lahan bisa dicegah sedini mungkin sehingga tidak membawa dampak yang terlalu negatif pada kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version