Site icon Kolom Desa

Kerjasama Desa Lintas Kabupaten Jadi Fokus Sulsel

Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa DPMD Provinsi Sulsel, DR. Andy, M.Si. saat membuka Workshop Kerjasama Antar Desa Lintas Kabupaten/Kota Sumber Foto: sulselprov.go.id

Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa DPMD Provinsi Sulsel, DR. Andy, M.Si. saat membuka Workshop Kerjasama Antar Desa Lintas Kabupaten/Kota Sumber Foto: sulselprov.go.id

 

MAKASSAR – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Workshop Kerjasama Antar Desa Lintas Kabupaten/Kota di Hotel Best Western Plus Makassar, Senin-Rabu, 21-23 Agustus. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyamakan persepsi dan langkah-langkah implementasi pelaksanaan atas UU, PP dan Pemendagri terkait Kebijakan Kerjasama Desa khususnya Kerjasama Antar Desa Lintas Kabupaten/Kota.

 

“Peserta workshop ini merupakan pejabat yang menangani kerja sama desa di enam kabupaten, yaitu Bulukumba, Sinjai, Bone, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Gowa, dan Maros dengan total sebanyak 30 orang,” ungkap Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa, DR. Andy, M.Si., Rabu (23/8/2023).

 

Andy berharap agar kegiatan ini mampu membawa dampak positif, terutama dalam usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Sulsel. Ia menyebut bahwa dalam membangun desa mandiri diperlukan kerja sama antar desa lintas kabupaten/kota.

 

“Untuk menjadikan desa yang mandiri dalam memenuhi semua kebutuhan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat, diperlukan kerja sama antar desa lintas kabupaten/kota,” tuturnya.

 

Sebelumnya, DPMD Sulsel bersama Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulsel juga telah merekomendasikan Desa Bulo, Sidenreng Rappang (Sidrap) mengikuti ajang Apresiasi Desa Tingkat Nasional 2023. Rekomendasi tersebut dikeluarkan karena hanya Desa Bulo yang masuk dalam kategori ‘Informatif’ berdasarkan hasil penilaian Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh KI Provinsi Sulsel.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version