Site icon Kolom Desa

7 Desa Dapat Distribusi Air dari BPBD

BPBD Temanggung saat mendistribusikan air bersih. Sumber: Dok Humas BPDPBD Temanggung.

BPBD Temanggung saat mendistribusikan air bersih. Sumber: Dok Humas BPDPBD Temanggung.

TEMANGGUNG Kekeringan dan krisis air bersih hampir melanda sejumlah daerah di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Temanggung, sedikitnya 7 desa dari enam kecamatan telah mendapatkan bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

 

“Ada 11 titik yang harus kami pasok air bersih di tujuh desa tersebut dalam beberapa pekan terakhir karena warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih akibat sumber air mulai mengering,” kata Kepala BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi di di Temanggung, Senin (21/8/2023).

 

Ia menjelaskan wilayah yang membutuhkan bantuan air bersih tersebut yakni Kecamatan Kandangan di Desa Tlogopucang ada satu titik, Kecamatan Kranggan di Desa Ngropoh ada tiga titik dan Desa Gentan tiga titik. Kemudian di Kecamatan Selopampang di Desa Jetis satu titik, Kecamatan Tlogomulyo di Desa Losari satu titik, Kecamatan Bulu satu titik di SMP Negeri 3 Bulu, dan Kecamatan Tembarak satu titik di MI Darul Thulub.

 

“Di Kecamatan Bulu dan Tembarak bantuan air untuk sekolah, sedangkan kebutuhan air bersih bagi warga masih terpenuhi dari sumber mata air yang ada,” ujarnya.

 

Toifur menyampaikan bantuan air bersih ini menggunakan anggaran Pemkab Temanggung. Pada tahun ini menyiapkan untuk pendistribusian 151 tangki air bersih.

 

“Selain itu juga ada pihak swasta (CSR) yang ikut membantu air bersih. Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak swasta yang telah peduli kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih,” katanya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version