Site icon Kolom Desa

Warga Desa Dangin Puri Kangin Gelar Lomba Ngelawar

Denpasar – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI,warga Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, menggelar acara ‘Lomba Ngelawar’. Hal tersebut mereka lakukan juga sematata-mata untuk menjaga tradisi ngelawar agar tidak punah.

 

“Dalam ‘Lomba Ngelawar’ ini yang dinilai adalah cara penggarapan, adonan lawar, dan cita rasa lawar dengan melibatkan tim juri dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar,” kata I Gede Anom Ranuara SPd, ketua tim juri yang didampingi anggota juri lainnya, I Gusti Ngurah Gede Marhaendra dan I Nyoman Warkayana.

 

Ia mengatakan, lawar pada umumnya merupakan olahan bahan mentah dengan memporposikan bumbu sebagai penangkal dan dapat menanggulangi kemungkinan timbulnya beberapa jenis bakteri dalam olahan tersebut. Selain itu, lawar juga mencari rasa, yang dalam istilah Bali menyatukan rasa antar komponen.

 

“Nah di situlah sang aktor atau sang pemimpin yang menentukan kapasitas apa yang harus dominan dan kapasitas pelengkap lainnya hingga membuat sajian itu menjadi sedap dan enak di lidah,” ujarnya.

 

Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, I Wayan Sulatra ST menyatakan ‘Lomba Ngelawar’ antar banjar ini dilakukan untuk melestarikan adat istiadat dan budaya agama Hindu. Dengan melibatkan sekeha setiap banjar yang masing-masing beranggotakan 10 orang, diharapkan nantinya mereka bisa sebagai penerus dalam menjaga tradisi ngelawar ini.

 

Sementara itu, Koordinator Sekeha Lawar Paon Kertha Buana Kaja Ida Bagus Putu Surya Wirama yang akrab disapa Jik Tu, mengatakan kegiatan ini merupakan suatu langkah untuk mencari bibit-bibit generasi muda-mudi banjar, pecinta kuliner lokal yang nantinya diharapkan mampu bersaing di dunia kuliner Bali pada umumnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version