Site icon Kolom Desa

PT Pelindo Prakarsai Penataan Hutan Bambu Di Desa Penglipuran

Bangli – BUMN, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) memprakarsai penataan berkelanjutan hutan bambu di Desa Penglipuran Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli, Bali. Hal ini bertujuan untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat desa.

 

“Kami juga menjalankan amanat untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia,” kata Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra Samal, Kamis (17/8/2023).

 

Ia mengatakan, prakarsa itu dilaksanakan melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui program Relawan Bakti BUMN untuk Hutan Bambu Indonesia Lestari. Program gelombang keempat di Desa Penglipuran itu diikuti oleh 20 relawan, 10 diantaranya perwakilan BUMN.

 

Menurutnya, selain penataan hutan bambu, program itu juga mengoptimalkan pemanfaatan bambu melalui edukasi serta program mengajar di sekolah sekitar terkait edukasi pemandu wisata, dan pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan usaha menengah dan kecil (UMK) desa.

 

Sementara itu, Kelian (Kepala) Adat Desa Penglipuran I Wayan Budiarta mengapresiasi relawan tersebut karena memberikan edukasi dan pengetahuan baru kepada warga.

 

Menurutnya, program tersebut memberikan nilai tambah atas keberadaan hutan bambu di desanya melalui pengembangan usaha kuliner di tepian hutan bambu.

 

“Wisatawan tidak perlu repot lagi mencari minuman atau penganan ketika berkunjung. Hal yang pasti, revitalisasi hutan bambu tersebut dilakukan sejalan dengan konsep konservasi yang sudah berjalan,” katanya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version