Site icon Kolom Desa

DLHK NTB Sukseskan Program NTB Zero Waste

NTB – Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLHK NTB, menyampaikan pihaknya sudah menggandeng instansi-instansi di NTB untuk mensukseskan program pemerintah NTB Zero Waste. Hal ini betujuan untuk memberikan edukasi lingkungan ke pada masyarakat khususnya desa.

 

“Yang menjadi prioritas pada beberapa lokasi seperti, pertama ruang lingkup sekitar TPA, kedua destinasi wisata, dan ketiga desa yang diketahui memiliki permasalahan masalah sampah,” kata Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLHK NTB, Firmansyah, Rabu, (16/8/2023).

 

Ia mengatakan, untuk mensukseskan program ini pihaknya telah menggandeng Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten atau Kota, baik secara pembinaan maupun sebagai narasumber.

 

“Selain itu, beberapa warga yang selama ini sudah melakukan pengelolaan sampah secara mandiri juga dilibatkan menjadi narasumber, agar masyarakat lainnya melihat langsung aksi dari sosialisasi tersebut,” katanya.

 

Ia juga menjelaskan, beberapa upaya dari edukasi ini, di antaranya sosialisasi, praktik mengolah sampah, bahkan kunjungan. Seperti kunjungan dari salah satu Sekolah Dasar (SD) di lingkar TPAR kebon kongok.

 

“Sistemnya bisa tatap muka, atau sosialisasi, pembinaan keterampilan ataupun visitasi. Selain itu sosialisasi pembinaan melalui gerakan-gerakan misalnya ECO office, nol sampah event, olah sampah berbasis sekolah. Jadi bukan hanya sosialisasi seperti kuliah, tetapi ada praktek,” ujarnya.

 

Sejauh ini, progres untuk pembinaan dan sosialisasi sudah berjalan dengan baik. Harapannya, hasil dari edukasi ini, dapat menimbulkan rasa kesadaran dan ketertarikan bagi masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version